Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Kompetisi ASEAN Youth Socialpreneurship Fisipol UGM

Kompetisi ASEAN Youth Socialpreneurship Fisipol UGM

Sleman-KoPi|Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM menggelar kembali kompetisi ASEAN Youth Socialpreneurship Program (AYSPP) 2017.

Kompetisi yang sebelumnya digelar tahun 2015 ini akan berisikan kompetisi rancangan bisnis sosial tingkat internasional dan workshop yang dipandu oleh nama-nama besar socioentreprenurship.

Daniel Dompeipen, ketua panitia AYSPP 2017 menjelaskan kompetisi dapat diikuti oleh mahasiswa dan wiraswasta muda dengan usia 16-30 tahun dan usia usaha 0-3 tahun.

Kompetisi ini akan berkutat di bidang jasa, teknologi, industri kreatif, kuliner dan agribisnis di seluruh negara ASEAN.

"Kami membuka kesempatan bagi mahasiswa Indonesia, ASEAN dan luar ASEAN yang memiliki kaitan usaha di Negara ASEAN untuk mengikuti AYSPP 2017,"kata Daniel di UGM, Rabu (3/5).

Peserta dapat mendaftar di situs resmi ayspp.fisipol.ugm.ac.id. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 8 Mei sampai 11 Juni 2017. Kompetisi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Daniel juga mengatakan proposal setiap tim akan diseleksi agar dapat ditentukan rancangan bisnis terbaik dan diumumkan pemenangnya di bulan September.

Kepala Kantor Urusan Internasional FISIPOL UGM, Agustina Kustulasari ,M.A. mengatakan Fisipol sangat mendukung acara ini.

"Pada gelaran sebelumnya diikuti oleh negara Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja dan Vietnam. Harapannya tahun ini peserta akan merambah ke negara lain seperti diluar ASEAN,"jelas Agustina.

Agustina juga menyampaikan gelaran AYSPP direncanankan rutin selama dua tahun sekali. Pada tahun pertama gelaran AYSPP berupa kompetisi, workshop dan kunjungan ke Indonesia oleh peserta kompetisi.

Di tahun kedua pemenang kedua akan mendapat bimbingan untuk mengembangkan usahanya lebih lanjut selama setahun oleh Kepanitiaan AYSPP.

"Tidak jarang rancangan usaha dari peserta dilirik oleh investor agar bisa dikembangkan,seperti juara dua pada gelaran tahun lalu usaha mereka sudah dilirik oleh investor untuk dikembangkan," jelas Agustina.

Sementara itu Dekan Fisipol UGM, Dr. Erwan Agus Purwanto menjelaskan AYSPP pertama pada tahun 2015 dibuat untuk menghadapi isu MEA pada tahun 2016. Tujuannya sendiri adalah mendorong anak muda untuk menghadapi permasalahan dunia bisnis ditingkat internasional.

"Tujuan dari kompetisi ini mendorong anak bangsa agar semakin berkompettitif di level internasional,"kata Erwan Agus.|Syidiq Syaiful Ardli

back to top