Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Creative Hub Fisipol UGM Resmi Luncurkan Kick-Off Program Talent Pitching

DSC06380

Sleman-KoPi | Terobosan baru Fisipol UGM, Creative Hub (C-Hub) Fisipol UGM, Selasa (20/02) meluncurkan kick-off program talent pitching. Kegiatan yang diselenggarakan di Digilib Cafe Fisipol UGM ini mengundang Menteri Sekretaris Negara, Persatuan Artis Film (Parfi 56), Plug and Play, serta peserta pembelajartalent pitching terpilih.

C-Hub UGM sendiri memiliki tujuan untuk mengembangkan generasi sociopreneur kreatif yang menyelesaikan permasalahan sosial dengan menggunakan teknologi digital dalam cara-cara yang cepat dan tepat. Secara lebih luas, program ini didesain untuk membekali para sociopreneur muda Indonesia dengan materi mengenai entrepreneurship, sociopreneurship, inovasi dan teknologi, serta materi pelengkap sesuai dengan kebutuhan project masing-masing peserta. Talent pitching sendiri hadir sebagai program perdana untuk mewujudkan tujuan dari C-Hub Fisipol UGM.

“Program talent pitching C-Hub Fisipol UGM ini dicanangkan agar dapatmemunculkan para start-up-ers potensial untuk memecahkan beragam masalah,” ungkap Dr. Erwan Agus Purwanto, Dekan Fisipol UGM. Erwan melanjutkan, pasca proses seleksi yang dilakukan, saat ini telah terkumpul 24 pembelajar terpilih dengan 15 usulan tema proyek berbeda.

Menteri Sekretaris Negara, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc. Sc, turut hadir dan meresmikan peluncuran program talent pitching C-Hub Fisipol UGM. Dalam sesi diskusi interaktif, Pratikno memberi apresiasi kepada Fisipol atas inisiatif pembukaan ruang kreatif ini. Menurutnya, pemuda saat ini merupakan generasi problem solver yang memiliki karakteristik berbeda dari pemuda dahulu. “Karena itulah, yang bisa dilakukan oleh kami, generasi yang lebih tua ini adalah memfasilitasi dan memberi ruang,” ungkapnya.

Lebih lanjut Pratikno menyebutkan bahwa saat ini kita tengah dihadapkan pada zaman dimana yang ‘kecil’ bisa memberi disrupsi pada yang ‘besar’. “Dengan lanskap Revolusi Industri 4.0 dan tiga kekuatan berupa digitasi, cognitive power, dan data analytics, pemuda sekarang dapat mengoptimalkan teknologi untuk menjadi kekuatan besar dalam sharing economy,” ujar Pratikno. Ia menambahkan, bahwa dengan besarnya kekuatan yang dapat diperoleh, start up bisa menjadi pesaing tangguh dari bisnis-bisnis besar. “Karena itulah, anda memiliki kesempatan luar biasa besar. Inilah waktunya untuk berkreasi dan jadilah seorang pembelajar yang cerdas,” tegas Pratikno.

Dalam peluncuran program talent pitching ini, para pembelajar terpilih hadir diantara tamu undangan. Secara umum, terdapat tiga kategori peserta talent pitching. Kategori pertama, ditujukan untuk mahasiswa semester akhir dengan skripsi karya. Pada kategori ini, peserta terpilih diantaranya Changes: audiobooks untuk Tuna Netra, Simpul Kebaikan: project beasiswa pendidikan pembinaan generasi muda, Inovasi Media Belajar Jaman Now: media Sosial berupa Pengetahuan Untuk Rakyat, SuperC6: pengolahan limbah cair, project bank sampah pemuda, dan project Bantu: aplikasi untuk Memudahkan Saling Bantu.

Kategori kedua menyasarpara mahasiswa berprestasi dalam enterpreneurship dan sociopreneurship. Dalam kategori ini, peserta terpilih adalah Gifood: aplikasi berbagi makanan bagi yang membutuhkan, Halohiburan: platform fasilitator berbasis aplikasi, Brikos: briket limbah kelapa sawit sebagai green energy, D’Milk: pengolahan susu pasteurisasi, SrawungPPL: aplikasi Srawung Penyuluh Petani Lapangan, dan Karti Tedjo: hand lettering penulisan aksara di berbagai media.

Kategori terakhir ditujukan untuk fresh graduate yang tengah mengembangkan sociopreneurship. Pada kategori ini terdapat empat proyek sociopreneurship, yaitu Pemuda Sadar Bakat, Sehati:project supporter bola sehat mental, Fatimah Safety Ojek: aplikasi transportasi berbasis online.

Kegiatan peluncuran talent pitching C-Hub juga diisi dengan talkshow bersama Marcella Zalianty selaku ketua umum Parfi 56. “Film adalah peluru dan instrumen kebudayaan yang merupakan jembatan komunikasi yang baik,” ujar Marcella. Selain itu dalam kesempatan ini, Marcella juga mengungkapkan bahwa Fisipol UGM sangat jeli dan terkini dalam melihat perkembangan dunia ekonomi dan digital. (/fkm).

back to top