Menu
Montara Task Force harus ambil alih penecemaran Laut Timor

Montara Task Force harus ambil alih…

Kupang-KoPi| "Montara T...

Jatim Best Practice Perdagangan Antar Daerah

Jatim Best Practice Perdagangan Ant…

Bandung-KoPi| Perdagang...

Sekdaprov Minta FLPD Harus Bersinergi Susun RKPD

Sekdaprov Minta FLPD Harus Bersiner…

Surabaya-KoPi| Forum Li...

Banjir Sungai Welang,  Pemerintah Lakukan Pendataan dan Beri Penanganan Darurat

Banjir Sungai Welang, Pemerintah L…

(Fotomilik: Jatim TIMES) ...

Teknologi Harus Bisa Tingkatkan Harkat dan Martabat Manusia

Teknologi Harus Bisa Tingkatkan Har…

Bantul-KoPi| Globalisas...

Pakde Karwo: Suasana Aman dan Nyaman Jadi Bagian Penting dalam Pembangunan di Jatim

Pakde Karwo: Suasana Aman dan Nyama…

Surabaya-KoPi| Suasana am...

Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan Ibu Hamil, MMSA Berikan Wawasan Tentang Perdarahan

Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan…

Bantul-KoPi| Sepanjang ...

Sambut Imlek, UAJY Gelar Pertunjukan Barongsai dan Liong LED

Sambut Imlek, UAJY Gelar Pertunjuka…

Sleman-KoPi| Sebagai wuju...

TARUNA - TARUNI TINGKAT II MELAKSANAKAN LATIHAN PRAMUKA YUDHA

TARUNA - TARUNI TINGKAT II MELAKSAN…

AKADEMI MILITER – KoPi|...

Creative Hub Fisipol UGM Resmi Luncurkan Kick-Off Program Talent Pitching

Creative Hub Fisipol UGM Resmi Lunc…

Sleman-KoPi | Terobosan...

Prev Next

Boncabe, teknologi pendidikan anak

Boncabe, teknologi pendidikan anak

Surabaya-KoPi | Menurut Lidya Ketua PKM-M, Boncabe yang mengajarkan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mempunyai empat program kerja yang dilaksanakan dalam delapan kali pertemuan.

Pada pertemuan ke 1 dan ke 2 Tim PKMM Boncabe melaksanakan program pertama yaitu “Boncabe Bersih” dimana nantinya anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Yayasan Cita Hati Bunda akan diajarkan 7 langkah cuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, mengganti baju kotor dan mandi. Pada pertemuan ke 3 dan ke 4

Tim PKMM Boncabe melaksanakan program kedua yaitu “Senyum Ceria Boncabe” dimana anak-anak yang ada di Yayasan Cita Hati Bunda akan diajarkan pentingnya menjaga kesehatan gigi, cara menyikat gigi dengan benar, dan cara merawat gigi yang baik.

Selanjutnya pada pertemuan ke 5 dan ke 6 Tim PKMM Boncabe melaksanakan program ketiga yaitu “Makanan Bergizi Pilihan Boncabe” dimana pada pertemuan ini Tim PKMM Boncabe memberikan materi tentang pentingnya sarapan dan pilihan menu makanan yang bergizi. 

Pada dua pertemuan terakhir Tim PKMM Boncabe melaksanakan program keempat yaitu “Olahraga Rutin, Aktivitas Sehat, dan Tubuh Kuat” yang meliputi materi tentang anjuran untuk berolahraga secara rutin agar bisa selalu sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. PKMM Boncabe disini memiliki tujuan agar anak-anak berkebutuhan khusus yang ada diYayasan Cita Hati Bunda bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap kegiatan dan keseharian mereka agar kesehatan mereka bisa tetap terus terjaga. 

Tidak sampai disitu saja, Tim PKMM Boncabe juga melakukan program kaderisasi kepada tenaga pengajar dan orang tua siswa yang ada di Yayasan Cita Hati Bunda Sidoarjo agar PHBS tidak hanya diterapkan pada saat Tim PKMM Boncabe berada disana, namun terus daiajarkan setiap harinya agar menjadi gaya hidup anak-anak berkebutuhan khusus.

Adapun harapan dari Tim PKMM Boncabe selanjutnya adalah untuk yayasan anak berkebutuhan khusus lainnya diharapkan dapat melakukan hal yang sama dalam pembelajaran PHBS, dan untuk orang tua diharapkan selalu mengawasi dan mengajak pembelajaran PHBS di rumah secara intens.

Program PHBS yang merupakan hasil kreatifitas dari inovasi dari mahasiswa Universitas Airlangga ini dapat bekerjasama dengan intansi pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. | A. Ginanjar

back to top