Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Boncabe, teknologi pendidikan anak

Boncabe, teknologi pendidikan anak

Surabaya-KoPi | Menurut Lidya Ketua PKM-M, Boncabe yang mengajarkan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mempunyai empat program kerja yang dilaksanakan dalam delapan kali pertemuan.

Pada pertemuan ke 1 dan ke 2 Tim PKMM Boncabe melaksanakan program pertama yaitu “Boncabe Bersih” dimana nantinya anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Yayasan Cita Hati Bunda akan diajarkan 7 langkah cuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, mengganti baju kotor dan mandi. Pada pertemuan ke 3 dan ke 4

Tim PKMM Boncabe melaksanakan program kedua yaitu “Senyum Ceria Boncabe” dimana anak-anak yang ada di Yayasan Cita Hati Bunda akan diajarkan pentingnya menjaga kesehatan gigi, cara menyikat gigi dengan benar, dan cara merawat gigi yang baik.

Selanjutnya pada pertemuan ke 5 dan ke 6 Tim PKMM Boncabe melaksanakan program ketiga yaitu “Makanan Bergizi Pilihan Boncabe” dimana pada pertemuan ini Tim PKMM Boncabe memberikan materi tentang pentingnya sarapan dan pilihan menu makanan yang bergizi. 

Pada dua pertemuan terakhir Tim PKMM Boncabe melaksanakan program keempat yaitu “Olahraga Rutin, Aktivitas Sehat, dan Tubuh Kuat” yang meliputi materi tentang anjuran untuk berolahraga secara rutin agar bisa selalu sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. PKMM Boncabe disini memiliki tujuan agar anak-anak berkebutuhan khusus yang ada diYayasan Cita Hati Bunda bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap kegiatan dan keseharian mereka agar kesehatan mereka bisa tetap terus terjaga. 

Tidak sampai disitu saja, Tim PKMM Boncabe juga melakukan program kaderisasi kepada tenaga pengajar dan orang tua siswa yang ada di Yayasan Cita Hati Bunda Sidoarjo agar PHBS tidak hanya diterapkan pada saat Tim PKMM Boncabe berada disana, namun terus daiajarkan setiap harinya agar menjadi gaya hidup anak-anak berkebutuhan khusus.

Adapun harapan dari Tim PKMM Boncabe selanjutnya adalah untuk yayasan anak berkebutuhan khusus lainnya diharapkan dapat melakukan hal yang sama dalam pembelajaran PHBS, dan untuk orang tua diharapkan selalu mengawasi dan mengajak pembelajaran PHBS di rumah secara intens.

Program PHBS yang merupakan hasil kreatifitas dari inovasi dari mahasiswa Universitas Airlangga ini dapat bekerjasama dengan intansi pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. | A. Ginanjar

back to top