Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Boncabe, teknologi pendidikan anak

Boncabe, teknologi pendidikan anak

Surabaya-KoPi | Menurut Lidya Ketua PKM-M, Boncabe yang mengajarkan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) mempunyai empat program kerja yang dilaksanakan dalam delapan kali pertemuan.

Pada pertemuan ke 1 dan ke 2 Tim PKMM Boncabe melaksanakan program pertama yaitu “Boncabe Bersih” dimana nantinya anak-anak berkebutuhan khusus yang ada di Yayasan Cita Hati Bunda akan diajarkan 7 langkah cuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, mengganti baju kotor dan mandi. Pada pertemuan ke 3 dan ke 4

Tim PKMM Boncabe melaksanakan program kedua yaitu “Senyum Ceria Boncabe” dimana anak-anak yang ada di Yayasan Cita Hati Bunda akan diajarkan pentingnya menjaga kesehatan gigi, cara menyikat gigi dengan benar, dan cara merawat gigi yang baik.

Selanjutnya pada pertemuan ke 5 dan ke 6 Tim PKMM Boncabe melaksanakan program ketiga yaitu “Makanan Bergizi Pilihan Boncabe” dimana pada pertemuan ini Tim PKMM Boncabe memberikan materi tentang pentingnya sarapan dan pilihan menu makanan yang bergizi. 

Pada dua pertemuan terakhir Tim PKMM Boncabe melaksanakan program keempat yaitu “Olahraga Rutin, Aktivitas Sehat, dan Tubuh Kuat” yang meliputi materi tentang anjuran untuk berolahraga secara rutin agar bisa selalu sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. PKMM Boncabe disini memiliki tujuan agar anak-anak berkebutuhan khusus yang ada diYayasan Cita Hati Bunda bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap kegiatan dan keseharian mereka agar kesehatan mereka bisa tetap terus terjaga. 

Tidak sampai disitu saja, Tim PKMM Boncabe juga melakukan program kaderisasi kepada tenaga pengajar dan orang tua siswa yang ada di Yayasan Cita Hati Bunda Sidoarjo agar PHBS tidak hanya diterapkan pada saat Tim PKMM Boncabe berada disana, namun terus daiajarkan setiap harinya agar menjadi gaya hidup anak-anak berkebutuhan khusus.

Adapun harapan dari Tim PKMM Boncabe selanjutnya adalah untuk yayasan anak berkebutuhan khusus lainnya diharapkan dapat melakukan hal yang sama dalam pembelajaran PHBS, dan untuk orang tua diharapkan selalu mengawasi dan mengajak pembelajaran PHBS di rumah secara intens.

Program PHBS yang merupakan hasil kreatifitas dari inovasi dari mahasiswa Universitas Airlangga ini dapat bekerjasama dengan intansi pemerintah daerah untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. | A. Ginanjar

back to top