Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Sultan sudah menetapkan pengganti, tapi masih rahasia

Sultan sudah menetapkan pengganti, tapi masih rahasia

Jogjakarta-KoPi| Setelah bergulirnya perdebatan jabatan gubernur dalam Raperdais, kemudian disusul wacana pada pengganti sultan. Jabatan sultan Jogjakarta diputuskan sebagai jabatan seumur hidup. Posisi tertinggi ini hanya bisa diisi oleh garis keturunan kraton.

Salah seorang dosen Fisipol UGM, Bayu Dardias K, mengungkapkan pendapatnya ada 16 tokoh yang berpeluang menduduki tahta sultan.

“Hanya ada 16 kemungkinan, syarat menjadi raja kan anaknya raja.Anaknya raja kita kesampingkan atau putri HB IX kita kesampingkan. Yang masuk adik-adik sultan yang laki-laki ditambah anak perempuan yang lima itu”, papar Bayu.

Bila dikerucutkan lagi menunjuk GKR Pembayun yang merupakan anak Sultan, KGPH Hadiwinoto adik kandung Sultan, dan GBPH Prabukusumo adik tiri tertua Sultan.

Bayu menambahkan dari aturan paugeran Gusti Hadiwinoto dan Gusti Prabukusumo yang berpeluang. Tetapi dari struktur politik pemerintahan gusti Pembayun yang paling kuat.Namun berbeda dengan Bayu, Romo Tirun, salah seorang kerabat Sultan HB X, ia mempunyai penafsiran sendiri tentang peluang jabatan sultan.

Menurutnya ada 11 tokoh yang berpeluang. Diambil dari adik-adik laki-laki sultan yang masih hidup.“Semuanya juga bisa berpeluang tidak cuma tiga tokoh itu. Nah, kita kan gak bisa, oh, itu yang paling tua .. atau gimana, orang bayi lahir saja bisa jadi putera mahkota”, papar Romo Tirun.

Romo Tirun menegaskan pengganti sultan pastinya seorang laki-laki. “Bukan lagi soal gender, sultannya perempuan. Semua simbol di kraton sejak dahulu untuk menunjuk sultannya laki-laki”.

Selain itu Romo Tirun mengatakan Ngarso Ndalem sudah mempunyai calon penggantinya. Mengenai siapa sosok itulah yang masih menjadi rahasia sultan.

“Jadi tak usahlah ribut-ribut, sultan sudah menunjuk calon penggantinya. Wong sultan HB VII saja pernah menunjuk putera mahkota sampai tiga kali, solanya puteranya meninggal hingga yang jadi putera sultan HB ke VIII Raden Mas Murtejo”.

Baik Bayu dardias maupun Romo Tirun adanya pendapat kandidat terkuat tersebut tetap hanya peluang semata. Tetap hak prerogatif ada di tangan sultan. Tetapi untuk sultan seorang perempuan keduanya menutup kemungkinan terjadi.

Pasalnya sudah menjadi paugeran kraton sultan seorang laki-laki. Selebihnya mereka menganggap hal yang perlu disoroti bukan tentang pengganti sultan melainkan, hal-hal subtansial dalam Raperdais atau UU keistimewaan seperti soal tanah dan kebudayaan.“Ngga sopan kita bahas pengganti sultan, orang Ngarso Ndalem juga masih sehat”, pungas Bayu Dardias. |Winda Efanur FS|

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next