Menu
Koperasi CPW Jatim Lakukan Kunker ke PT. Vitapharm

Koperasi CPW Jatim Lakukan Kunker k…

Surabaya-KoPi| Koperasi...

Pameran patung Komroden Haro

Pameran patung Komroden Haro

Pameran patung Komroden H...

Di Hadapan Peserta Lemhannas, Pakde Karwo Paparkan Budaya Lokal di Jatim

Di Hadapan Peserta Lemhannas, Pakde…

Surabaya-KoPi| Gubernur...

Penyelesaian Kasus Montara “Test Case” Komitmen Persahabatan Australia

Penyelesaian Kasus Montara “Test Ca…

Kupang-KoPi| Laporan In...

Pemahaman Sikap dan Budaya Kaum Muda Muslim Penting Untuk Cegah Radikalisme

Pemahaman Sikap dan Budaya Kaum Mud…

Bantul-KoPi| Radikalisa...

Menteri Nurbaya cabut gugatan pencemaran Laut Timor

Menteri Nurbaya cabut gugatan pence…

Kupang-KoPi| Korban pen...

Gus Ipul : Pers Merupakan Pilar Demokrasi

Gus Ipul : Pers Merupakan Pilar Dem…

Gresik-KoPi| Di peringa...

Mempopulerkan Kajian Masyarakat Digital  melalui Acara ‘Digital Future Discussion’

Mempopulerkan Kajian Masyarakat Dig…

Sleman-KoPi|Seiring den...

Seminar KSPM UAJY Ajak Masyarakat Jadikan Investasi Sebagai Gaya Hidup

Seminar KSPM UAJY Ajak Masyarakat J…

Sleman-KoPi| Pasar modal ...

Prev Next

Sebentar lagi, Indonesia bukan lagi dengan penduduk Muslim terbesar di dunia

Sebentar lagi, Indonesia bukan lagi dengan penduduk Muslim terbesar di dunia

Jogja-KoPi|Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa dalam waktu dekat Indonesia bukan lagi negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.

Bambang memprediksikan tahun 2045 nanti, negara besar lainnya seperti India, Bangladesh, Pakistan, Amerika akan menjadi populasi muslim terbesar dunia.

"Dalam seratus proyeksi kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045, penduduk kita akan berjumlah 340 juta yang saat ini berjumlah 260 juta. Pada waktu itu, Kita (Indonesia) tidak lagi menjadi negara penduduk muslim terbesar,"ujar Menteri saat jumpa pers di Hotel Royale Ambarukmo setelah mengisi keynote speaker Seminar Internasional Keuangan Syariah ke 2, Kamis (24/8).

Negara India, Bangladesh, Pakistan, akan mengalami peningkatan jumlah penduduk yang melebihi Indonesia. Seperti India ,Menteri memperkirakan pada tahun 2045 penduduk India akan melebihi Cina hingga 1,8 Milyar.

Dan pada saat itulah,muslim di India yang tadinya hanya berjumlah 10% pada tahun ini akan mengalami peningkatan signifikan melebihi jumlah penduduk muslim Indonesia.

Belum lagi ditambah dengan angka kesuburan penduduk indonesia yang semakin lama menurun. Untuk saat ini total fertility rate indonesia 2,3 dan kedepan angka ini akan turun hingga 2,1. Ini pula yang memperkuat prediksi Populasi muslim indonesia akan semakin kalah dengan negara lainnya.

"Sekarang ini muslim India terbesar nomor dua setelah Indonesia, namun dalam jangka waktu dekat, titel Indonesia segera bergeser ke India,"ucapnya.

Melihat kondisi ini, Bambang pun menyuarakan kepada semua pihak untuk mempercepat pembangunan berbasis Islam seperti Industri Halal, pasar riil berbasis muslim, dan keuangan syariah. Pasalnya semua rencana tersebut akan sia-sia saat titel negara muslim terbesar hilang dari Indonesia.

Lebih lanjut, Menteri juga menegaskan baik kepada masyarakat dan pemerintah untuk tidak lagi terlena pada titel dan segera bekerja dalam mengembangkan segala potensi inovasi berbasis muslim yang ada.

"Kita tidak boleh menunggu terlalu lama,kita harus mempercepat segala pengembangan dan inovasi halal industry dan lain-lain, sebelum negara lain mengambil alih titel ini. Mari kita ambil dulu segala keuntungan potensial saat ini, mari kita jadikan Indonesia sebagai negara muslim terbesar yang pernah ada,"tandasnya.|Syidiq Syaiful Ardli

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next