Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Sebelum tinggalkan si meong dan si gukguk mudik, cek ini dulu

Sebelum tinggalkan si meong dan si gukguk mudik, cek ini dulu
Surabaya - KoPi | Lebaran sudah tinggal beberapa hari lagi. Ritual mudik atau mengunjungi sanak saudara di luar kota pasti akan dilakukan. Bagi pemilik hewan peliharaan, tentu menjadi dilema untuk meninggalkan hewan kesayangan mereka. Membawa si meong dan si gukguk dalam perjalanan tentu menimbulkan kerepotan. Namun sebaliknya, sangat berat meninggalkan mereka sendirian di rumah.
 

Untung saat ini sudah semakin banyak jasa penitipan hewan peliharan. Pemilik hewan peliharan dapat meninggalkan rumah mereka dengan tenang. Jika memang bermaksud menitipkan hewan, ada baiknya untuk tidak sekedar meninggalkan mereka di tempat penitipan hewan.

"Sebelum menitipkan hewan peliharaan Anda, lebih baik kunjungi dokter hewan Anda. Periksa kondisi kesehatan hewan peliharaan, serta minta dokter hewan untuk memberi mereka vitamin," saran drh. Olan Rahayu Puji Astuti Nussa, M.Vet., pemilik klinik dan penitipan hewan Cantiq Surabaya.

dh. Olan mengatakan, pemberian vitamin diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh hewan sebelum dititipkan. Pasalnya, kita tidak tahu apakah semua hewan yang ada di penitipan tersebut sehat atau tidak. Jika ada salah satu hewan yang sakit, hewan kesayangan kita akan ikut tertular.

"Karena itu, sebagai pencegahan lebih baik diberi vitamin sebelum dimasukkan ke penitipan hewan. Apalagi, waktu dititipkan kan mereka juga pasti ganti kandang. Kita tidak tahu apakah kandangnya bebas penyakit atau tidak," ujar drh. Olan. 

drh. Olan juga menyarankan untuk mengecek kondisi rumah penitipan hewan. Perhatikan apakah tempatnya bersih dan sehat, cek kebersihan kandang, kondisi pasir untuk buang air, dan apakah ada yang menjaga atau tidak.

Jika terpaksa tidak bisa menitipkan hewan peliharaan, Anda juga masih bisa meninggalkan hewan kesayangan Anda di rumah. Namun pastikan kondisi mereka sehat sebelum meninggalkan mereka. 

"Untuk kucing, perhatikan kebersihan telinga, jangan sampai ada ostitis. Selain itu, cek juga hidung mereka, pastikan tetap agak basah. Cek temperatur tubuh mereka, jangan sampai lewat 29 derajat Celcius," saran drh. Olan.

Untuk makanan, drh. Olan menyarankan agar jangan mengganti makanan yang biasa mereka makan. Mengganti makanan sebelum meninggalkan hewan peliharan dikhawatirkan dapat membuat mereka diare.

"Cek juga pupnya. Ciri-ciri hewan peliharaan kita sehat adalah pupnya keras, masih ada konsistensi. Pipisnya juga dicek, lancar atau tidak. Takutnya kalau tidak lancar bisa timbul batu ginjal," ujar pengajar di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya ini.

drh. Olan mengatakan, jika ingin meninggalkan hewan peliharaan di rumah, sebaiknya untuk selang waktu yang tidak lama. Maksimal dua hari untuk kucing ras. Itu karena pada dasarnya kucing ras adalah hewan yang harus dipelihara. Untuk kucing lokal, mereka dapat lebih mudah beradaptasi, sehingga bisa mencari makan sendiri.

"Kalau memang ingin ditinggal lama, kucing ras sebaiknya tetap ada yang menjaga," pungkas drh. Olan.

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next