Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

RSUD dr Soetomo kejar akreditasi internasional

RSUD dr Soetomo kejar akreditasi internasional
Surabaya-KoPi| Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, H Akhmad Sukardi menegaskan, RSUD dr Soetomo siap Go Internasional. Menurutnya Pemprov Jatim terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan untuk menjadikan masyarakat Jatim selalu sehat.
 

“Kami ingin terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di RSUD dr Soetomo. Bahkan, kami ingin memperbesar kapasitas pelayanan yang ada saat ini untuk ditingkatkan, sehingga bisa Go Internasional,” ujarnya saat melepas Jalan Sehat HUT ke- 77 RSUD dr Soetomo Surabaya, Jumat (13/11).

Sukardi menyatakan Pemprov Jatim akan mendorong RSUD dr Soetomo untuk menambah standar pelayanannya. RSUD dr Soetomo saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menuju akreditasi bertaraf internasional. Salah satu yang dilakukan adalah mengikuti langkah Kementerian Kesehatan untuk mengadopsi sistem Akreditasi Internasional Joint Commission Internasional (JCI).

JCI merupakan lembaga badan akreditasi yang pertama kali terakreditasi oleh Internasional Standart Quality (ISQua) sebagai lembaga penilai akreditasi internasional. Akreditasi JCI ini menjadi fokus komitmen utama dalam pencapaian bagi RSUD dr Soetomo untuk mendapat pengakuan berstandar internasional.

“Ini yang menjadi wujud nyata bagi peningkatan profesionalisme bagi setiap rumah sakit yang mendapatkannya. Nantinya, jika JCI berhasil terpegang, akan menjadikan RSUD dr Soetomo sebagai satu-satunya rumah sakit yang berakreditasi internasional,” tegasnya.

Sukardi menjelaskan, JCI mendasarkan penilaiannya pada standarisasi pelayanan kesehatan yang berfokus pada keselamatan pasien, mutu pelayanan, keperawatan kepada pasien, koordinasi asuhan keperawatan serta struktur yang dibutuhkan. Selain itu, RSUD dr Soetomo juga harus memperhatikan kualitas layanan hingga sarana dan prasarana infrastruktur, alat-alat kesehatan hingga kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dari dokter hingga perawat.

Namun, hingga saat ini RSUD dr Soetomo masih mengalami masalah, terutama penumpukan pasien. Sebagai rumah sakit rujukan tingkat A, RSUD dr Soetomo menjadi tujuan ribuan pasien yang berasal dari seluruh daerah di Jawa Timur. 

Dari pantauan KoPi, bangsal perawatan masih sering kali terlihat penuh, terutama di bagian Instalasi Rawat Darurat (IRD). Pasien juga harus mengantri beberapa lama untuk mendapatkan jadwal layanan seperti operasi dan kemoterapi.

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next