Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Pakar Hukum : Perlu adanya konsep pembaharuan bagi parpol

Pakar Hukum : Perlu adanya konsep pembaharuan bagi parpol

AMBON - Saidi Isra, Ahli Hukum Tata Negara Indonesia menjelaskan bahwa legislator menjadi otoritas pertama dalam pembentukan hukum di Indonesia. Legislator tersebut terdiri dari DPR, DPD, DPRD, di luar itu Presiden atau pemerintah juga menjadi legislator, karena sistem Negara Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar.

Isra mengatakan kita tidak mungkin menghasilkan legislator yang baik, kalau hukumnya tidak baik, kuncinya yaitu mendesain hukum secara baik. “Probelmnya pembentuk hukum dikendalikan sebagian besar oleh partai politik, selama pengelolaan partai masih bisa seperti ini maka tidak akan berubah,” terang Saidi, Sabtu (25/2) dalam Seminar Tanwir Muhammadiyah “Kedaulatan Hukum, Politik, dan Ekonomi” yang bertempat di Islamic Center Ambon.


Lanjut Isra, jika perbandingkan UUD 1945 sebelum diubah dan setelah diubah, partai politik diberi kuasa yang jauh lebih besar. “Di UUD 45 setelah diubah banyak sekali unsur kata-kata politik, padahal sebelumnya tidak. Masuk di DPR, DPD, DPRD semuanya partai politik,” jelas Isra.

Isra menegaskan perlu adanya konsep pembaharuan partai politik di Indonesia. “ Menurut pandangan saya, kalau partai politik bisa disusun dengan baik, sebagian problem bangsa bisa diatasi. Karena partai politik dikelola oleh orang-orang yang belum tentu berniat baik sesuai keinginan partainya,” ungkapnya.

Hingga hari ini dan kedepan, Isra mengatakan bahwa hanya orang-orang yang meiliki uang saja yang akan memimpin partai politik. Maka itu, Isra berpendapat agar negara dapat berkontribusi kepada parpol dengan memberikan dana yang cukup untuk pembendaharaan partai politik. “Kita berpikiran 60-70% dana partai harus ditanggung oleh negara. Kalau itu sudah di jamin oleh APBN. Semakin besar APBN yang diberikan partai politik, maka akan besar juga rakyat menuntut partai politik untuk bertanggung jawab atas hal itu,” ujar Isra.

Bila partai masih didominasi oleh orang-orang yang berduit maka partai akan dijadikan kereta untuk kepentingan pribadi.

Dalam seminar tersebut, Isra berharap Muhammadiyah dan ormas-ormas dapat memunculkan kader-kader baru. “Muhamamdiyah harus bisa menawarkan nilai-nilai kemuhammadiyahan pada kader-kader yang ada di legislatif dan eksekutif. Dengan ini nantinya dapat membantu Muhammadiyah mewujudkan kedaulatan dan keadilan sosial lewat kader-kadernya,” terang Isra.

Peran yang dilakukan Muhammadiyah untuk memberi injeksi kader-kadernya diharapkan dapat dipercaya rakyat untuk memimpin di level nasional. “Kita bisa memperbaiki keadaan negara secara perlahan-lahan. Muhammadiyah memiliki kontrol juga pada kadernya yang diberi kepercayaan jabatan di level nasional, kalau ini berjalan dengan baik, maka bisa menjadi alternatif untuk memperbaiki kondisi negeri ini,” tutupnya.

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next