Menu
Pengakuan Baru: Perjanjian RI-Australia 1972 cacat hukum

Pengakuan Baru: Perjanjian RI-Austr…

Kupang-KoPi| Penulis Bu...

AKMIL Magelang manfaatkan lahan tidur untuk pertanian

AKMIL Magelang manfaatkan lahan tid…

Akademi Militer - Gubernu...

Gus Ipul berharap semua terbiasa baca shalawat

Gus Ipul berharap semua terbiasa ba…

  Surabaya-KoPi| Wa...

Perayaan Natal Keluarga Besar UAJY

Perayaan Natal Keluarga Besar UAJY

Sleman-KoPi| Universita...

Teliti isu multikultur dalam film Indonesia

Teliti isu multikultur dalam film I…

Bantul-KoPi| Sejarah pe...

Karwo Dorong Penerapan K3 Hingga Sektor UMKM

Karwo Dorong Penerapan K3 Hingga Se…

Surabaya-KoPi| Gubernur...

Susi Pudjiastuti diminta tegakkan kedaulatan Laut Timor

Susi Pudjiastuti diminta tegakkan k…

Kupang-KoPi|Pembela nel...

Kapolda DIY segera lakukan operasi pasar kontrol harga beras

Kapolda DIY segera lakukan operasi …

Sleman-KoPi|Kepala Pold...

Beberapa pejabat tinggi Polda DIY digeser

Beberapa pejabat tinggi Polda DIY d…

Sleman-KoPi|Polda DIY m...

Pengedar Sabu di Sleman berhasil ditangkap jajaran Polres Sleman

Pengedar Sabu di Sleman berhasil di…

Sleman-KoPi| Satuan res...

Prev Next

Menhub meminta PT KAI mengantisipasi bahaya longsor

menhub

Jogja-KoPi|Memasuki musim liburan Natal dan Tahun Baru 2018, Menteri Perhubungan(Menhub) , Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Api siagakan petugas tambahan di sekitar daerah rel yang rawan longsor. Hal ini dilakukan mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana longsor pada masa liburan.

Menhub mengatakan musim liburan kali ini bertepatan dengan waktu puncak musim penghujan. Sehingga pihaknya mengkhawatirkan terjadi longsor di lintasan sekitar rel kereta seperti yang terjadi di Garut beberapa waktu lalu. Petugas khusus ini diterjunkan untuk mengamankan daerah rawan longsor.

"Sekarang musim hujan, jadi banyak terjadi longsor. Oleh karenanya saya minta KAI meningkatkan safety (keamanan). Ada petugas jaga khusus di daerah rawan longsor," ujar Budi usai mengecek kesiapan angkutan di Stasiun Tugu Yogyakarta, ditulis Senin (18/12).

Selain penerjunan , Menhub juga meminta KAI agar mempersiapkan pula alat-alat berat di daerah rawan. Adanya petugas serta alat berat, Menhub berharap saat terjadi longsor,PT KAI dan pihaknya bisa segera menangani dalam waktu cepat.

"Jadi kalau longsor, bisa segera dibuka(jalan kereta api) dalam waktu 1-2jam,"pintanya

Kemenhub pun melihat, lintasan kereta api yang rawan terkena longsor berada di Jawa Barat bagian selatan seperti di titik longsor Bumiwaluyo,dan Garut . Dan Jawa timur seperti di Porong.

Tak hanya penerjunan untuk longsor, demi meningkatkan pelayanan pada konsumen, KAI juga diminta menambah jumlah petugas jaga yang bekerja pada puncak musim liburan di tanggal 22-26 Desember. Para petugas ini juga diharapkan dapat tanggap cepat untuk mengatasi permasalahan yang kemungkinan muncul tak terduga saat waktu tersebut tersebut.

Secara umum Menhub mengatakan sarana dan prasarana di seluruh stasiun KA di wilayah daop 6 Yogyakarta- Surakarta sudah siap melayani penumpang pada liburan Natal dan tahun baru 2018.

Sementara itu, Manager Humas DAOP VI Eko Budiyanto mengatakan pihaknya akan menyiagakan 400 petugas tambahan selama liburan Natal. Petugas akan bertugas untuk memeriksa rel, menjaga palang pintu serta bersiapa ditempat rawan longsor.

"Itu memang diluar petugas keamanan. Kami bekerja sama dengan TNI, Polri untuk menjaga keamanan baik di dalam kereta maupun di sekitar stasiun ," pungkasnya. |Syidiq Syaiful Ardli

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next