Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Mahasiswa tuntut Jokowi tangkap dan copot Rini Soemarno terkait Panama Papers

Mahasiswa tuntut Jokowi tangkap dan copot Rini Soemarno terkait Panama Papers

Jogja-KoPi| Persatuan Aksi Nasional Mahasiswa (PANAMA) Yogyakarta melakukan aksi mogok makan di depan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menuntut penangkapan dan penyopotan Rini Soemarno dari jabatannya sebagai menteri BUMN, Minggu (10/4).

Nama Rini Soemarno yang termuat dalam dokumen Panama Papers menuai protes keras dari mahasiswa. Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Aksi Nasional Mahasiswa (PANAMA)Yogyakarta melakukan aksi mogok makan menuntut penangkapan dan penyopotan Rini Soemarno dari jabatannya. Aksi ini sudah berlangsung selama 3 hari ini dan akan berlanjut hingga 7 hari.

Nama-nama yang tercantum dalam Panama Papers termasuk Rini Soemarno, diyakini terindikasi sebagai pelaku kejahatan berupa penipuan, pencucian uang hasil korupsi dan perdagangan narkoba.

"Kami menuntut agar orang-orang yang tercantum dalam kasus panama papers diusut hingga tuntas, termasuk Rini Soemarno. Kami yakin Rini Soemarno merupakan elite politik yang melakukan kejahatan dan sengaja menghindari pajak di negaranya dengan menumpuk hartanya di perusahaan bebas pajak di luar negeri (offshore),", papar Ilman Wirawan, Humas PANAMA.

aksi panama2

 

Data dokumen Mossack Fonseca yang dirilis oleh organisasi wartawan The International Consortium of Investigative Journalist bertajuk Panama Papers di seluruh dunia , telah menghebohkan dunia termasuk Indonesia. Perusahaan Mossack Fonseca membantu nama-nama yang ada dalam rilis tersebut untuk pencucian uang, penggelapan pajak dan untuk menghindari sanksi, serta kejahatan lainnya.

Menurut Ilman Wiraman, dalam hasil investigasi firma asal panama terdapat uang sebesar Rp. 11.400 Trilliun yang dimiliki oleh 2.961 orang dan Badan Usaha milik orang Indonesia." Uang tersebut seharusnya apat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Aksi yang diikuti oleh 30 mahasiswa dari berbagai kampus di Jogja ini, menuntut agar Presiden Joko Widodo, memecat dan menangkap Rini "Panama" Soemarno dari jabatan Menteri BUMN, karena terbukti telah masuk daftar penggelapan pajak dan pencucian uang di Yurisdiksi bebas pajak (Offshore) di Luar negeri.

Selain itu juga meminta Presiden Joko Widodo untuk mengusut tuntas orang -orang Indonesia yang ada dalam dokumen Mossack Fonseca, yaitu sebanyak 2.961 orang dan badan usaha asal Indonesia dengan nilai uang sebesar Rp. 11.400 Trilliun yang merupakan hasil kejahatan. PANAMA juga menuntut Jokowi untuk menyita uang hasil kejahatan 11.400 Triliun tersebut, dan digunakan untuk membayar hutang Negara dan mensejahterakan rakyat Indonesia

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next