Menu
Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen Air Hujan

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen A…

Jogja-KoPi| Pakar Hidrolo...

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkatan Kompetitifitas Produk Agrikultur

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkat…

Bantul-KoPI|Pada tahun 20...

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

Oleh Moh. Mudzakkir(Dosen...

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi Swasta Sumbangkan Kaum Intelektual di Jatim

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi …

Surabaya-KoPi| Sebanyak 2...

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar Banyak Terserang Ispa

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar …

Lombok-KoPi| Sebanyak 30 ...

Prev Next

Kini giliran Jakarta yang punya halaman khusus di Tokopedia

Kini giliran Jakarta yang punya halaman khusus di Tokopedia

Jakarta, 8 Mei 2017 - Setelah berhasil meluncurkan Laman Kota Bandung dan Laman Kota Semarang, Tokopedia bersama Pemprov DKI Jakarta meluncurkan Laman Kota Jakarta.

 

Halaman khusus bagi UMKM asal DKI Jakarta yang terintegrasi langsung dengan Tokopedia ini diresmikan di Balai Kota Jakarta oleh CEO Tokopedia William Tanuwijaya dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Sabtu (6/5/2017).

Ahok yang ditemui usai acara mengungkapkan dukungannya terhadap inisiatif ini.

"Jakarta selain menjadi pusat ekonomi dan bisnis juga memiliki banyak UMKM lokal yang kreatif dan BUMD dengan produk yang mampu bersaing di pasaran. Semoga melalui Tokopedia, dalam hal ini Laman Kota Jakarta, karya mereka dapat semakin dikenal dan tersalurkan kepada masyarakat Indonesia," tutur Ahok.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya di sisi lain mengatakan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi hingga 58% terhadap GDP Indonesia, namun kebanyakan masih offline. Padahal saat ini ada lebih dari 100 juta pengguna internet di Indonesia yang menjadi pasar sangat menjanjikan menurutnya.

“Dan yang dibutuhkan UMKM yang belum goes online ini bukan sekadar akses ke pasar. Hal yang tidak kalah penting adalah pelatihan sehingga produk memiliki daya saing, akses ke infrastruktur dan tidak jarang akses ke permodalan. Kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta inilah yang akan menjadi solusi hulu ke hilir. Tokopedia sendiri sudah beberapa kali melakukan pelatihan terhadap UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta,” tambah William.

Tokopedia juga optimis terhadap kerja sama ini karena sebelum kerja sama saja pertumbuhan transaksi masyarakat DKI Jakarta di Tokopedia sudah terjadi secara sangat signifikan. Pada bulan April 2017 kemarin, UMKM asal DKI Jakarta di Tokopedia telah berhasil menjual sebanyak 9,793,671 produk ke seluruh Indonesia.

“Angka ini meningkat dibandingkan data lima tahun lalu. UMKM asal DKI Jakarta hanya berhasil menjual sebanyak 53,589 produk sepanjang April 2012. Artinya tercatat peningkatan sebanyak 183 kali lipat dalam kurun waktu lima tahun dari segi produktivitas para UMKM asal DKI Jakarta di Tokopedia,” terang William.

Laman Kota sendiri merupakan sebuah inisiatif yang dilakukan oleh Tokopedia dengan pemerintah kota setempat dalam menunjang ekonomi inklusif, sesuai dengan program Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan misi Presiden Jokowi dalam mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020, dengan target potensi pasar sebesar 130 Miliar USD.

Dalam acara peresmian Laman Kota Jakarta, William menegaskan bahwa kerja sama ini hanyalah permulaan dari masa depan open government yang transparan, cashless society yang penuh kemudahaan, serta smart city yang berbasis big data.

William membayangkan bagaimana subsidi-subsidi dari pemerintah kota setempat bisa dimonitor secara real time, jika KJP bisa dipakai untuk transaksi online hanya dari UKM binaan pilihan, dengan data real time yang terkoneksi ke smart city, akses khusus untuk laptop subsidi dengan cicilan 24 bulan.

Atau kemudahan hidup yang bersifat cashless society dimana pembayaran SIM, tilang, uang sekolah, biaya pembuatan passport, uang keamanan dan sebagainya bisa dilakukan secara online dimana saja kapan saja. Hingga pemanfaatan big data dari transaksi jual beli online yang terjadi di wilayah ini dalam pengambilan kebijakan yang lebih tepat sasaran.

“Tokopedia mendukung prinsip open government yang digalakkan oleh Pemprov DKI Jakarta lewat Jakarta Smart City. Lewat big data yang dimiliki oleh Tokopedia, pemprov bisa menganalisa produk-produk asal Jakarta apa yang diminati dari seluruh Indonesia, demikian juga apa yang diminati oleh masyarakat Jakarta. Hal ini bisa membantu pengambilan keputusan, misalnya untuk mendorong sektor-sektor industri kecil menengah yang bisa mengurangi ketergantungan DKI Jakarta terhadap produk impor atau inisiatif lainnya yang mendukung perkembangan UMKM, sekaligus mendorong ekonomi inklusif,” tutupnya.


Contact Information 1:
Antonia Adega

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
+6221 8064 7300

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next