Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Jalu 'vokalis temuan' siap ramaikan ngayogjazz Endank Soekamti

Jalu 'vokalis temuan' siap ramaikan ngayogjazz Endank Soekamti

Jogjakarta-KoPi| Sejalan dengan tema tahun ini, “Bhinneka Tunggal Jazz-nya”, Jalu turut menyumbangkan keragaman dengan mereinterpretasikan lagu-lagu dari band Endank Soekamti dalam musik jazz di Panggung Janaka, Desa Pandowoharjo Sleman, Sabtu mendatang di Ngayogjazz 2015.

Vokalis bernama lengkap Jalu Tegar Prastawa ini secara tidak sengaja “ditemukan” Erix Soekamti yang tertarik saat melihat videonya yang meng-cover lagu “Carikan Cinta” dari Endank Soekamti di YouTube. Ketertarikan tersebut segera ditindaklanjuti dengan tawaran memproduseri album solo pertama untuk jejaka kelahiran 15 April 1992 di Klaten ini. Saat ini album solo tersebut sedang dalam proses rekaman dan rencananya akan dirilis tahun depan.

Meskipun ditemukan oleh bassist Endank Soekamti di YouTube, bukan berarti pemuda lulusan UKSW Salatiga ini “hanya” sekadar artis YouTube belaka, karena sesungguhnya ia telah mengawali karirnya sebagai vokalis Sekawan & Friends Band sewaktu masih kuliah pada 2010, serta pernah meraih beberapa penghargaan seperti Juara 2 Campus Jazz Festival se-Jateng DIY (2011), Juara 2 Jazz Goes to Campus Festival (2012), dan Best Vocalist Jazz Goes To Campus Festival (2012).

“Kita coba menjembatani, mencairkan, dan lebih memasyarakatkan jazz yang dulu seolah kesannya segmented, eksklusif, dan mahal, menjadi lebih bergaya mahasiswa, yang lebih menarik, layak, tapi tidak murahan,” demikian alasan Erix Soekamti memproduseri album baru Jalu.

“Saya menemukan potensi yang sangat unik saat pertama kali melihat Jalu di YouTube. Jalu dapat mengemas Jazz dengan gaya kos-kos-an yang sangat lugu, polos, dan apa adanya,” jelas Erix Soekamti.

Jalu sendiri tak menyangka akan diproduseri Erix Soekamti. “Kaget, senang, dan tidak nyangka. Padahal saya dulu tertarik banget pengen dibuatin video clip Mas Erix Soekmati. Eh, malah diproduseri Mas Erix buat album.”

“Album baru ini akan sangat menarik karena mereinterpretasi lagu-lagu Endank Soekamti yang bergenre pop-punk menjadi akustik pop jazz yang dikemas sederhana tapi unik,” jelas Jalu tentang album barunya.

Beberapa lagu dari album tersebut yang rencananya akan ditampilkan di Ngayogjazz, Sabtu sore 21 November, di Panggung Janaka Desa Pandowoharjo Sleman.

Harapannya penampilan Jalu Tegar Prastawa bersama para penampil-penampil lainnya dapat menambah keragaman warna dan kemeriahan peristiwa budaya tahunan yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat luas. (IP)

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next