Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Anies Baswedan hadiri persiapan pembentukan Orkestra Negara

Anies Baswedan hadiri persiapan pembentukan Orkestra Negara

Sub Judul

Jakarta-KoPi|  Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka merawat khasanah kesenian dan dengan tujuan mengangkat musik nusantara akan menggelar Pergelaran Orkestra Nasional dalam rangka Persiapan Pembentukan Orkestra pada tanggal 8 Desember 2014, pukul 19.00 di Concert Hall ISI (Institut Seni Indonesia), Yogyakarta, dengan menggandeng dua orang Maestro ternama di bidang musik Indonesia yaitu, Franki Raden dan Purwacaraka. Direncanakan, pertunjukan tersebut akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies R. Baswedan, Ph.D.

Dalam pertunjukan yang bersifat terbuka untuk umum dan berdurasi 60 menit ini, akan ditampilkan dua tim orkestra yang masing-masing akan menunjukan kebolehannya selama 30 menit. Indonesian National Orchestra (INO) di bawah pimpinan Franki Raden akan menampilkan musik etnik tradisional Indonesia dengan komposisi yang didominasi oleh alat musik perkusi, senar, dan instrumen angin yang terbuat dari kayu, bambu, dan bahan alami lainnya, terolah menjadi satu harmoni yang megah, dengan melibatkan kurang lebih 40 orang seniman di dalamnya.
Tidak kalah menarik, Pergelaran Orkestra Nasional dalam rangka Persiapan Pembentukan Orkestra ini juga akan melibatkan kurang lebih 155 siswa SMKN 2 Kasihan (Sekolah Menengah Musik) Bantul, Yogyakarta yang akan memainkan lagu aransemen dari Purwacaraka. Adapun tema penyelenggaraan orkestra ini dikaitkan dengan peringatan Hari Guru Nasional.

Dalam paparannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies R. Baswedan, Ph.D. berharap Pergelaran Orkestra Nasional dalam rangka Persiapan Pembentukan Orkestra ini dapat menghasilkan pemikiran dan gagasan tentang upaya perlindungan dan pengembangan seni musik, serta mampu membangkitkan semangat generasi muda untuk terus berkarya, agar keberadaan Orkes tetap dicintai oleh seluruh lapisan masyarakat, dan silaturahmi budaya ini dapat menambah energi positif bagi kita semua untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan warisan budaya secara bijaksana. Selain itu, pergelaran ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan bakti generasi muda pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan musik etnik Indonesia dapat dikenal di dunia internasional.

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next