Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Rencana pembelokkan JJLS DIY merupakan pemborosan anggaran

SkyscraperCity SkyscraperCity

Jogja-KoPi|Wahana lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mengkritik keras pembelokkan jalan jalur lintas selatan (JJLS) di barat Yogyakarta yang mengarah ke bandara baru Kulonprogo.

Ketua WALHI Halik Sandera mengatakan rencana pembelokkan JJLS yang dicanangkan pemerintah tidak hanya berdampak pada pengambilan lahan warga ,namun juga berakibat ke pemborosan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

"Pembelokkan JJLS ini selain mengambil lahan warga, pembelokkan juga dapat berakibat ke pemborosan APBN,"katanya saat diwawancarai di WALHI Yogyakarta,Selasa (20/6).

Ia menjelaskan sebelum rencana pembelokkan , pemerintah sudah berencana untuk membangun JJLS dan sudah melalui proses izin lingkungan.

Izin lingkungan ini dibuat untuk mengikat JJLS dengan ketentuan jalur tidak boleh diubah sesuai yang termuat pada izin lingkungan yang sudah dibuat. Pada waktu pembuatan izin lingkungan, JJLS tidak membelok ke Bandara baru.

Adanya perubahan jalur JJLS yang semula dari arah Purworejo kearah kota Wates, dibelokkan dan masuk jalur ke bandara baru ,tentunya harus mengubah kembali dan memperbarui izin tersebut. Ia pun menilai rencana ini justru menghabiskan uang anggaran negara.

"Dengan adanya rencana pembelokkan ini maka JJLS harus dibuat izin lingkungan yang dirubah. Selanjutnya tinggal infrastruktur mana yang dikorbankan,jika JJLS harus dikorbankan maka izin lingkungan,"imbuhnya.

Berkaitan dengan perubahan JJLS, Halik menjelaskan pemerintah harus mengeluarkan dan menambahkan anggaran yang cukup besar untuk memperbarui izin lingkungan.

Ia juga menerangkan pembangunan JJLS saat ini dibantu oleh hutang dari luar negeri. Pembelokkan ini justru akan menambah hutang indonesia lebih banyak.

" Dana yang dikeluarkan akan sia -sia dan ini akan menambah anggaran .Apalagi JJLS,didukung oleh hutang luar negeri,tanggungan hutang indonesia pun akan semakin besar,"terangnya.

Ia pun menghimbau kepada pemerintah untuk meninjau ulang kembali baik itu rencana pembelokkan JJLS dan JJLS sendiri. Karena ia menuturkan JJLS ini kedepannya akan memiliki dampak yang besar kepada lingungkan.

"JJLS juga memiliki dampak yang cukup besar seperti pantura,yang nantinya jalur dipakai untuk jalur industri dan tentunya ini akan berdampak ke lingkungan sekitar,"pungkasnya.| Syidiq Syiful Ardli

back to top