Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

El Nino, kekeringan petani, jadi berkah bagi nelayan

El Nino, kekeringan petani, jadi berkah bagi nelayan
Surabaya - KoPi | Fenomena cuaca ekstrim El Nino dituding menjadi penyebab kekeringan di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Namun, kedatangan 'si bocah nakal' El Nino ini ternyata menjadi berkah tersembunyi bagi nelayan. Fenomena cuaca ini diperkirakan bakal membuat kawasan perairan Indonesia penuh dengan potensi tangkapan ikan.
Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Lilly Aprilya Pregiwati, Senin (29/6) mengatakan, El Nino merupakan masa musim kering yang panjang, sehingga suhu mendingin di kawasan perairan Samudera Hindia. Penurunan suhu tersebut membuat populasi berbagai jenis ikan dan udang menjadi sangat berlimpah. 

”Semoga El Nino membawa berkah tersembunyi bagi perikanan, karena akan membuat pasokan ikan melimpah luar biasa,” katanya.

Pada kondisi normal, iklim tropik kawasan Samudera Pasifik di bagian barat lebih hangat dengan kisaran suhu 29-30  derajat Celcius. Sedangkan di bagian timur lebih hangat dengan kisaran suhu 22-24 derajat Celcius. Kondisi ini menyababkan massa air menjadi lebih hangat di barat, yang disebut warm pool Pasifik dengan letak relatif dalam. Di sisi lain suhu menurun perlahan terhadap kedalaman menuju termoklin disekitar 100-200 m dibawah permukaan. 

Setiap tiga hingga tujuh tahun akan terjadi pemanasan laut di Pasifik timur yang disebut peristiwa El Nino. El Nino dicirikan dengan warm pool berpindah tempat ke Pasifik Timur. Jika terjadi kondisi berlawanan disebut peristiwa La Nina. La Nina dicirikan dengan warm pool berpindah lebih jauh ke Pasifik barat.

El Nino baru akan terjadi jika perairan yang lebih panas di Pasifik Tengah dan Timur meningkatkan suhu dan kelembaban pada atmosfer yang berada di atasnya. Kejadian ini mendorong terjadinya pembentukan awan yang akan meningkatkan curah hujan di sekitar kawasan tersebut.

Selama terjadi El Nino suhu permukaan naik dan tinggi permukaan air laut juga ikut naik. Air yang menjadi hangat menyebabkan evaporasi meningkat dan tekanan udara menjadi rendah. Karena peristiwa ini kehidupan habitat laut ikut terpengaruhi. Setelah berakhirnya El Nino, suhu rata-rata di laut berada di bawah normal. Hal ini lah yang menyebabkan El Nino dikaitkan dengan La Nina karena La Nina mengakibatkan suhu laut menjadi dingin.

 

back to top