Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Kadin Jatim optimis masa depan ekonomi Jatim

Kadin Jatim optimis masa depan ekonomi Jatim
Surabaya-KoPi| Di tengah lesunya perekonomian nasional, pengusaha Jawa Timur masih berupaya optimistis memandang masa depan ekonomi. Optimisme tersebut muncul lantaran pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional.
 

“Secara nasional, Jawa Timur tergolong daerah yang masih belum terlalu merasakan dampak pelemahan ekonomi. Itu karena pertumbuhan ekonomi Jawa Timur masih lebih tinggi dari nasional yakni sebesar 5 persen,” kata Wakil Ketua Umum Bidang Fiskal dan Moneter Kadin Jawa Timur, Dr Tommy Kaihatu, MM , di Surabaya.

Tommy memprediksi, Jawa Timur akan dapat bertahan di tengah kelesuan ekonomi nasional apabila pertumbuhan ekonomi dapat dijaga dengan baik. Menurutnya, peran pemerintah daerah Jawa Timur sangat krusial dalam menjaga kondisi perekonomian. Selama ini, ungkap Tommy, pertumbuhan ekonomi di Jatim masih berjalan lebih baik karena menurut ditopang oleh kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang efektif terhadap regulasi usaha. Selain itu, Kadin Jatim juga konsisten berupaya menciptakan situasi kondusif, sehingga investor tertarik untuk terus berinvestasi di Jawa Timur.

Tommy berharap Pemrprov Jatim dapat terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Salah satunya melalui peningkatan perdagangan antar provinsi. “Salah satu upaya lain untuk mempercepat perekonomian adalah segera mengajak investor asing untuk mendirikan industri bahan baku di daerah. Itu agar para pengusaha tidak impor bahan baku, sehingga pengusaha bisa menghemat biaya produksi dan dapat memberikan gaji pegawai dan karyawan,“ ujarnya.

Pendapat Tommy diperkuat oleh pengamat ekonomi Universitas Airlangga, Soebagyo. Saat ini, ada perbaikan kinerja ekonomi dibandingkan semester pertama 2015. Indikasinya adalah membaiknya daya beli masyarakat, yang terlihat dari konsumsi semen.

"Data Asosiasi Semen Indonesia menunjukkan, konsumsi semen nasional pada Agustus 2015 mencapai 5,49 ton, naik 17.8 persen dibanding Agustus 2014," ungkap Soebagyo.

Selain itu, produksi komoditas pertanian di Jawa Timur saat ini masih terjaga. Meski saat ini memasuki musim kemarau, tidak ada laporan adanya gagal panen yang parah di Jawa Timur.

back to top