Menu
UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Pemerintah Bantul Siap Dukung Kontes Robot Indonesia di UMY

Pemerintah Bantul Siap Dukung Konte…

Sleman-KoPi| Menjelang pe...

Tahun Politik, Akun Buzzer di Media Sosial Bermunculan

Tahun Politik, Akun Buzzer di Media…

Sleman-KoPi| Menjelang pi...

Prev Next

DIY peringkat tertinggi kepatuhan membayar pajak

Yogyakarta-KoPi, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak DIY bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Istemewa Yogyakarta mengadakan acara “Acara Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Sebagai Panutan, Apresiasi Pajak dan Penandatangan MoU” di Bangsal Pendopo Kepatihan Danurejan Komplek Kantor Gubernur Pemerintah DIY dalam rangka Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun 2013, Senin ( 3/3/2014).

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur DIY, Menpora Roy Suryo, Dirjen Pajak, Walikota dan jajarannya, Bupati-bupati DIY, DPRD, Kapolda, TNI AU dan para undangan.

 

Acara diawali dengan persembahan tari tradisional, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan Dirjek Pajak Fuad Rahmany, Sambutan Gubernur DIY, Penandatangan MoU, Penyerahan SPT melalui Drop Box, Apresiasi Pajak, persembahan tari tradisional dan Paduan Suara Kanwil DIY.

 

Dalam sambutannya, Dirjen Pajak mengatakan bahwa tingkat kepatuhan membayar pajak secara nasional bagi para wajib pajak hanya mencapai 30% dan badan usaha hanya 15 %, namun beliau mengapresiasi DIY karena tingkat kepatuhan pajak sampai 70 %.

 

“Infrastruktur tidak bisa terbangun kalau tidak ada yang bayar pajak,” kata Fuad. “Masih banyak orang kaya yang sembunyi menyembunyikan informasi kekayaannya. Orang yang pake BBM subsidi tapi tidak bayar pajak, dia sebenarnya numpang,” sindirnya.

 

Fuad berharap dengan adanya acara ini akan meningkatan kerja sama dan dukungan dari semua pihak terkait.

 

Selanjutnya, dalam sambutannya, Sultan HB X mengatakan bahwa acara ini adalah guna mendukung tingkat kepatuhan membayar SPT tepat waktu, lebih awal sebelum 31 maret. Realisasi pajak tahun ini mencapai 2,5 triliun melebihi yang 2,3 triliun yang ditargetkan, kabar Sultan.

 

“DIY menduduki tingkat pertama secara nasional dalam tingkat kepatuhan membayar pajak”, ujarnya bangga.

 

Beliau berharap acara ini bukan hanya rutinitas saja, tapi bisa menjadi contoh bagi yang lainnya dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak.

 

Tanda tangan

 

Selanjutnya, acara diteruskan dengan penandatanganan MoU antara Dirjen Pajak dengan Gubernur DIY, Walikota Yogyakarta, Bupati Sleman, Bupati Bantul, Bupati Gunungkidul dan Bupati Kulonprogo.

 

MoU tersebut bertujuan untuk bekerja sama penyediaan data informasi perpajakan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku sehingga data dan informasi perpajakan dapat dimanfaatkan secara optimal guna ekstensifikasi dan pajak serta tercapainya keselarasan dan keharmonisan ketentuan perpajakan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

 

Sedangkan Apresiasi Pajak Tahun 2014 diberikan kepada 36 wajib pajak, yaitu 5 Wajib Pajak Badan, 5 Wajib Pajak Orang Pribadi, 5 Wajib Pajak Patuh, 6 Bank dan Pos Pembayaran Persepsi, 3 Media Elektronik, 3 Media Cetak, 4 Wajib Pajak Inspiring Tax Payer.

 

Tahun ini, penyampai SPT Tahunan PPh Orang Pribadi sebagai panutan bisa dilakukan dengan e-Filing. Layanan e-Filing melalui website Dirjen Pajak bisa didapat secara gratis.

 

Reporter: Fahrurrazi

 

back to top