Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Wisuda UAJY luluskan Mahasiswa Liberia

Wisuda UAJY luluskan Mahasiswa Liberia

Yogyakarta-KoPi│ Wisuda Periode II T.A. 2015/2016 kali ini bagi Emmanuel J. Kaydor terasa amat istimewa. Ia terkenang kali pertama menginjakkan kaki di Indonesia 3,5 tahun yang lalu ketika ingin mencari pendidikan lanjutan bagi program studi akuntansi yang ditekuninya.

Dimulai dengan informasi mengenai beasiswa dari Kementerian Pendidikan Indonesia, secara khusus program untuk Kemitraan Negara Berkembang (KNB), Emmanuel kemudian mengajukan permohonan lamaran dan diterima. Sampai saat itu, sebenarnya ia belum tahu tempat kuliah yang akan menampungnya selama menempuh pendidikan tinggi di Indonesia.

Dengan gigih dia mulai mencari dan akhirnya menemukan universitas yang dirasa cocok baginya. Ia memilih Program Magister Manajemen di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Lulusan dengan IPK 3,81 ini kemudian mulai belajar Bahasa Indonesia pada September 2013, dan baru memasuki pendidikan di UAJY September 2014. Baginya beradaptasi dengan budaya yang berbeda secara khusus dalam hal bahasa adalah hal tersulit, terutama terkait studinya.

Emmanuel berujar, “Saya pernah merasa begitu stres karena terdapat mata kuliah diajarkan dalam Bahasa Indonesia.” Namun dia segera berubah pola pikirnya dan menjadikannya tantangan sehingga akhirnya Bahasa Indonesia dapat dikuasainya dengan baik. Dengan bersemangat Emmanuel menceritakan pengalamannya dalam membangun persahabatan dengan teman-teman seangkatan, “Saya merasa UAJY seperti negara saya sendiri, tidak ada diskriminasi dan semua sama. Inilah pengalaman paling berkesan selama studi di UAJY.”

Bersamaan dengan Emanuel, Wisuda Periode II Tahun Akademik 2015/2016, yang dilaksanakan di Auditorium Kampus II, Gedung Thomas Aquinas, Babarsari pada Sabtu, 27 Februari ini, UAJY meluluskan 494 sarjana dengan rincian 433 sarjana strata satu dan 61 sarjana strata dua (magister). Tercatat sebanyak 74 lulusan atau 14,36% dari total lulusan dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude. Prodi Ilmu Hukum paling banyak memiliki lulusan dengan predikat cum laude.

Lulusan Program Sarjana dengan IPK tertinggi 4 diraih oleh Saudari Mawar Fitriany dari Prodi Ilmu Hukum. Sedangkan untuk Program Magister IPK tertinggi 4 diraih oleh Saudara Thomas Bagus Budi Prakoso dari Magister Manajemen, Saudara Raden Aji Laksono, Saudari Florentina Bupu, Saudara Kesumo Yoga Prawiro, Saudara Iwan Pramata Laurens, Saudari Juniastuti Ramba dan Saudari Ida Ayu Sasmita Laksmi Untari dari Magister Teknik Teknik Sipil. Untuk Wisuda periode kali ini lulusan termuda adalah Saudari Apri Yeni Asni Bawamenewi dari Prodi Ilmu Hukum, lahir Padang pada tanggal 24 Maret 1995.

Sang Penyambut

grazia

Sedangkan wisudawan yang terpilih untuk memberikan sambutan mewakili para wisudawan kali ini adalah Raden Rara Gratsia Kancanamaya atau Aya. Lulusan SMAN 8 Yogyakarta ini, adalah Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) pada tahun 2015. Selama kuliah di UAJY tercatat berbagai prestasi yang diraih baik bidang akademik dan non-akademik. Debat Bahasa Inggris menjadi fokus dan dedikasi Aya dalam prestasinya.

Berbagai perlombaan debat Bahasa Inggris tingkat nasional seperti IVED, NUDC, dan ALSA pernah diikutinya. Aya juga aktif dalam menjadi juri dan pelatih debat baik di SMAN 8 Yogyakarta, Jogja Debating Forum (JDF), dan Critical Thinking Community (CTC) UAJY. Universitas-universitas di Yogyakarta juga sering mengundang Aya menjadi debat dan pelatih. Kegiatan internasional juga menambah pengalaman Aya selama studi, seperti pertukaran pelajar ke Jepang dan konferensi tentang bencana alam di Filipina.

Sejak awal Aya mantap memilih Program Studi Ilmu Komunikasi. Ada cerita tersendiri bagaimana Aya memilih UAJY sebagai tempat melanjutkan studi. Baginya Ilmu Komunikasi UAJY memiliki peminatan yang spesifik dan berbeda dengan Universitas negeri yang peminatan atau konsentrasi masih belum spesifik. Masuk melalui jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berprestasi), Aya mendapat beasiswa penuh selama studinya.

Baginya banyak kesan yang mendalam selama studi di UAJY, suasana studi yang nyaman tidak hanya berasal dari akademik kampus tapi juga internal kampus. Kesan persahabatan baik sesama mahasiswa, para dosen sampai karyawan terasa begitu dekat dan mempengaruhi keberhasilan studinya selama ini. Suasana serius namun santai membuat kampus seperti rumah kedua baginya. Aya berpesan juga agar pihak kampus lebih mempermudah perijinan bagi kegiatan di luar kampus, karena selama ini prestasi juga banyak berasal dari kegiatan-kegiatan luar kampus.

back to top