Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Sita Mulyono dikukuhkan sebagai Ibu Upakarini Wira Taruna-Taruni Akmil

Sita Mulyono dikukuhkan sebagai Ibu Upakarini Wira Taruna-Taruni Akmil

Kota Magelang-KoPi| Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Ibu Sita Mulyono dikukuhkan sebagai "Ibu Upakarini Wira Taruna/Taruni Akademi Militer," dalam suatu acara pengukuhan yang dilaksanakan di gedung Lily Rochli Akademi Militer, Senin (27/7).

Pengukuhan tersebut menjadi tradisi bagi Istri Kepala Staf Angkatan Darat dan sebagai Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana yang baru sekaligus sebagai Ibu pengganti orang tua bagi Taruna dan Taruni Akmil.

Keberadaan Ibu Upakarini Wira Taruna Akmil memiliki arti penting, yaitu sebagai aktualisasi dari sistim bimbingan dan pengasuhan Taruna dan Taruni Akmil. Pengukuhan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sebagai pengganti orangtua Taruna dan Taruni agar sukses dalam menempuh pendidikan di Akmil, sebagai calon-calon pemimpin TNI Angkatan Darat di masa mendatang.

Ketua Umum Persit KCK Ibu Sita Mulyono, sesaat setelah dikukuhkan sebagai Ibu Upakarini Wira Taruna mengatakan, bahwa tugas bagi seorang Ibu Upakarini, tentu saja tidaklah ringan dan banyak tantangan yang harus dihadapi.

"Namun, guna mewujudkan cita-cita yang didambakan oleh para Taruna dan Taruni, maka naluri keibuan yang memberikan asuhan, bimbingan dan dorongan yang kuat harus senantiasa diberikan kepada Taruna dan Taruni sebagai anak asuhnya, sehingga tugas pendidikan di Akademi Militer dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya," demikian Ibu Sita Mulyono dalam sambutannya.

Ibu Upakarini berharap kepada Taruna dan Taruni untuk bersikap disiplin supaya mampu meraih prestasi yang terbaik, Taruna harus berani meninggalkan sikap egois yang mengutamakan kepentingan pribadi daripada kepentingan bersama.

Tanpa ada kepatuhan dan kesetiaan proses belajar-mengajar tidak akan berjalan lancar dan berhasil. Predikat sekarang sebagai Taruna dan Taruni yang kelak sebagai seorang Perwira memiliki nilai kehormatan yang harus dijunjung tinggi.

Dengan segala bentuk perubahan yang terjadi sekarang ini dapat mempengaruhi sikap dan tindakan Taruna dan Taruni untuk bertindak di luar ketentuan yang digariskan. Oleh karena itu, dalam menghadapinya Taruna dan Taruni harus memiliki ketangguhan mental, yang mampu menempatkan nilai kehormatan sebagai nilai paling berharga dalam dirinya.

Acara Pengukuhan dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, para Pejabat Teras Angkatan Darat, Gubernur Akademi Militer, para Pejabat Distribusi Akmil, Ketua dan Pengurus Persit KCK Cabang BS Akmil, Pelatih dan Pengasuh Taruna serta seluruh Taruna dan Taruni Akademi Militer.

back to top