Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

SEMINAR NASIONAL INDONESIA TIMUR 2016: “Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan Indonesia Timur”

SEMINAR NASIONAL INDONESIA TIMUR 2016: “Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan Indonesia Timur”

Jogja-KoPi| Pusat Studi Kawasan Indonesia Timur (PUSKIT) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan Seminar Nasional Indonesia Timur (SENANTI) 2016. Acara yang rutin yang digelar setiap tahun ini pada 2016 mengangkat tema “Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan Indonesia Timur” yang dilaksanakan pada Sabtu 4 Juni 2016 bertempat di auditorium Kampus 4 Gedung Teresa UAJY, dimulai pukul 08.00-14.00 WIB.

Menghadirkan pembicara seminar dari berbagai latar belakang, antara lain Hidayat Alhamid, Ph.D dari community affairs Manager BP Indonesia, dr. Tridia Sudirga, Sp.KK, FINSDV dari pemerhati kesehatan dan pemberdayaan perempuan serta Aloysius Gunadi Brata peneliti dan dosen UAJY.

Tema tahun ini berangkat dari perhatian sejumlah pihak yang melihat kesenjangan pembangunan antara Indonesia bagian Timur dengan Indonesia bagian Barat.

Diharapkan dalam diskusi dalam SENANTI dapat memberikan sumbangsih pemikiran mengenai pembangunan berkelanjutan secara holistik, tidak hanya ekonomi namun meliputi kebudayaan dan kehidupan sosial di Indonesia Timur.

poster uaj2

Puskit merupakan lembaga riset di UAJY yang berfokus pada pengembangan Indonesia Timur secara khusus riset pendidikan, yang selama ini menjadi riset rutin yang diadakan Puskit.

Argo Twikromo selaku Ketua Puskit UAJY mengatakan kegiatan rutin Puskit ini merupakan sebuah sarana untuk membangun kerjasama dan merangkul mahasiswa-mahasiswi Indonesia Timur.

Tujuannya adalah memberi ruang bagi mereka untuk memperkenalkan budayanya dan membangun kedekatan antara masyarakat dan mahasiswa Indonesia Timur. Secara khusus pada tahun 2015 diangkat tema identitas budaya tujuannya adalah meredam sterotip negatif yang sempat melekat pada mahasiswa-mahasiswi Timur, budaya adalah sarana tepat untuk memperkenalkan nilai-nilai lokal, sehingga dapat terjalin komunikasi yang lebih baik lagi.

Acara SENANTI adalah bagian rangkaian kegiatan yang diprakarsai mahasiswa Indonesia Timur di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sejak tahun 2015 SENANTI tidak hanya seminar namun juga terdapat kegiatan pameran budaya & pentas seni Indonesia Timur serta Pemutaran Film & Diskusi bersama Yayasan Kampung Halaman, yang berlangsung tanggal 2-4 Juni 2016 pukul 08.00-16.00 WIB di Area Lobby, Gedung Thomas Aquinas UAJY.

Acara ini didukung oleh Yayasan Kampung Halaman, Buku Bagi NTT, Komunitas Mahasiswa Toraja UAJY, Komunitas Mahasiswa NTT UAJY, Komunitas Papua UAJY dan Komunitas Manado.

back to top