Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Sekda Meringin mengukuhkan Dewan Pendidikan

Sekda Meringin mengukuhkan Dewan Pendidikan

Merangin-KoPi| Sekda Merangin Jambi H Sibawaihi, Selasa (27/9), mengukuhkan para pengurus Dewan Pendidikan Merangin. Acara pengukuhan di Aula Utama Kantor Bupati Merangin itu, dihadiri Kadis Pendidikan Merangin H Mashuri dan Kepala BKD Merangin Hazwar.

Dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pendidikan Merangin A Bakar AR, wakilnya Taswin Indra dan Sekretaris Edi Suratno. Selain itu, AR Mulyadi sebagai wakil sekretaris dan bendahara H Syafrudin Hadi.

Sedangkan Ketua Bidang Pertimbangan Pendidikan dikukuhkan K H Satar Saleh, anggota Bidang Pertimbangan Pendidikan Abdullah Gemuk, Ketua Bidang Pendukung Penyelenggaraan Pendidikan Havis Asbandi.

Untuk Ketua Bidang Pengawasan Pendidikan dan Mediasi dikukuhkan Rais Darlis, anggota Bidang Pengawasan Pendidikan dan Mediasi Saprandono. ‘’Mereka ini semua para senior dunia pendidikan,’’ujar Sekda.

Dikatakan Sekda, Dewan Pendidikan Merangin pertama kali dibentuk pada 2002 ketuanya Muhammad Am dan pada 2016 ini kembali dilantik para pengurus Dewan Pendidikan Merangin.

‘’Ini artinya Dewan Pendidikan Merangin telah fakum selama 14 tahun dan sekarang bangkit lagi. Untuk bangkit tiga unsur, Pemerintah, Masyarakat dan Dewan Pendidikan harus menyatu guna mewujudkan apa yang dicita-citakan,’’terang Sekda.

Lebih lanjut dijelaskan Sekda, ada empat peran Dewan Pendidikan, pertama sebagai pemberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan kependidikan. Lalu sebagai pendukung finansial maupun pemikiran dalam dunia pendidikan.

Terus sebagai pengontrol dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan dan terakhir sebagai mediator antara Pemerintah dan Dewan dengan masyarakat.

Sementara itu lanjut Sekda, Dewan Pendidikan Berfungsi sebagai pendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Melakukan kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan dewan, berkenan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan dan berbagai kebutuhan yang diajukan masyarakat.

Tidak hanya itu, Dewan Pendidikan juga berfungsi sebagai pemberi masukan, pertimbangan dan rekomendasi kepada pemerintah daerah dan dewan. Mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan dan melakukan evaluasi.

‘’Evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, penyelenggaraan dan keluaran pendidikan ini nanti dilaporkan ke Bapak Bupati melalui Sekda yang akan ditembuskan ke Dinas Pendidikan Merangin,’’terang Sekda lagi.|Charles

back to top