Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

RSGM UMY adakan pemeriksaan gigi gratis bagi abdi Dalem

 Para abdi dalem Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat saat memeriksakan giginya kepada mahasiswa Coass Kedokteran Gigi UMY dalam acara Pemeriksaan Gigi Gratis bagi Abdi Dalem Kraton, di Bangsal Magangan, Kraton Ngayogyakarto. Para abdi dalem Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat saat memeriksakan giginya kepada mahasiswa Coass Kedokteran Gigi UMY dalam acara Pemeriksaan Gigi Gratis bagi Abdi Dalem Kraton, di Bangsal Magangan, Kraton Ngayogyakarto.

Jogja-KoPi| Dalam mewujudkan Pengabdian sebagai salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan kegiatan periksa gigi gratis bagi Abdi Dalem Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat pada Sabtu (30/07) di pendopo Bangsal Magangan, Kraton Ngayogyakarto.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 abdi dalem Kraton yang rata-rata sudah berusia 70 tahun. Para pemeriksa gigi abdi dalem Kraton tersebut merupakan mahasiswa coass di RSGM UMY sebanyak 24 mahasiswa, dengan didampingi oleh 8 orang Dokter.

Pihak Kraton sendiri merespon baik dengan diadakannya pemeriksaan gigi gratis bagi para abdi dalem Kraton. Hal ini disampaikan langsung oleh KPH Yudho Hadiningrat dalam sambutannya. Ia mengungkapkan bahwa gaji abdi dalem kraton yang minim menjadikan para abdi jarang memeriksakan kesehatan gigi mereka ke dokter.

"Total abdi dalem disini semuanya 3000-an, dan rata-rata sudah sepuh (tua-red.). Jadi harap yang sabar dan maklum menangani mereka," jelas KPH Yudho. Selain itu, KPH Yudho juga menyampaikan beberapa adab dalam tempat pemeriksaan gigi, seperti dilarang menginjak selogilang yang ada di sana.

Disamping itu, mewakili Direktur RSGM UMY, drg. Edwyn Saleh menyampaikan bahwa semua abdi dalem Kraton bisa datang ke RSGM untuk perawatan paripurna. "Yang ditawarkan dari RSGM adalah perawatan paripurna. Dimana abdi dalem dapat datang ke RSGM UMY di Wirobrajan untuk selanjutnya kita (dokter-red.) screening. Lalu nanti kita akan lihat perawatan apa yang harus ditempuh, karena masing-masing orang perawatannya akan berbeda. Ada yang butuh waktu lama, ada yang cepat," jelas drg. Edwyn.

Pemeriksaan gigi untuk abdi dalem Kraton ini merupakan pemeriksaan awal untuk melihat kondisi gigi para pasien. drg. Arief Waskito selaku salah satu panitia kegiatan mengungkapkan bahwa pada Senin (1/08), para abdi dalem akan mulai dijemput untuk dirawat di RSGM UMY. "Mulai dari pemeriksaan abdi dalem tadi sampai perawatan di RSGM sampai selesai, semua biaya ditanggung oleh RSGM UMY," tegas drg. Arief. (Deansa)

back to top