Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Peringati Milad UMY ke 37, Rektor tingkatkan internasionalisasi dosen dan mahasiswanya.

Bantul-KoPi| Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr. Ir Gunawan Budiyanto, MP bervisi untuk terus menggalakkan internasionalisasi sebagai gerakkan milad UMY ke 37. Beberapa langkah dan rencana bertemakan internasional sudah ia siapkan sepanjang tahun ini didalam diri instansi UMY.

 Bagi sang Rektor, milad ini merupakan langkah besar UMY untuk lebih mengembangkan segala aspek baik dalam kualitas akademik, sumber daya manusia dan internasionalisasi menuju reputasi internasional. Pihaknya pun juga akan melakukan gerakan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing dan dosen asing yang datang berkunjung ke UMY.

“Pada milad ini,  kami mengambil tema One Step Beyond bukan one step forward. Alasannya, kami ingin akselerasi dari yang biasa orang lakukan. Juga, pada tahun 2020 UMY berkomitmen mejadi international reputable university, sampai saat ini UMY terus meningkatkan jaringan maupun kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi bergengsi di luar negeri seperti Taiwan, Korea, Eropa,” ujarnya saat  menyampaikan laporan rektor di Gedung AR Fachrudin B UMY, Rabu (18/4).

Menurut Gunawan, saat ini UMY sudah menjadi bagian dari proses akademik antar perguruan tinggi luar negeri dengan semakin banyaknya visiting profesor ke UMY, student exchange, dan semakin banyak aktivitas kegiatan internasional yang UMY lakukan.

“Kami juga berharap peningkatan kualitas dan kuantitas juga harus lebih dikembangkan seperti mahasiswa asing yang kuliah di UMY minimal harus 350 orang pertahun dan visiting profesor minimal 40 orang pertahun. Harapannya kedepan UMY semakin terbiasa dengan suasana internasional terutama dalam diri mahasiswa maupun diri dosen," imbuhnya.

Lebih lanjut Gunawan mengungkapkan saat ini UMY berfokus dalam meningkatkan bidang akademik dan relasi antar negara. Ia menyampaikan pihaknya ingin menghadapi dunia yang semakin terbuka dan global. Sehingga langkah yang ia ambil adalah harus menambah frekuensi dan relasi dengan pakar-pakar dari bangsa lain.

“Pada bidang akademik harus lebih digalakkan seperti join riset, double degree dan join seminar. Hal ini akan saling menguntungkan antar univeritas karena sama-sama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan akademik. Kita juga harus mampu mendongkrak karangan ilmiah dari para dosen supaya lebih banyak muncul di jurnal internasional,” pungkasnya.

back to top