Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Penyerahan bantuan BPBD Jatim

Penyerahan bantuan BPBD Jatim
Pacitan-KoPi| Bertahan hampir 14 jam, akahirnya Tim BPBD Jatim tiba di Pacitan. Tim yang dikomandani Kepala Pelaksana BPBD Jatim ini tiba di Pacitan melalui jalur Wonogiri. Beberapa bantuan yang dibawa segera didistribusikan dan disalurkan langsung untuk masyarakat Pacitan yang terdampak banjir dan longsor. 
 
Setibanya di Pacitan, Tim langsung menuju lokasi pos induk dan pengungsian. Bantuan yang disampaikan kepada warga antara lain selimut,  makanan siap saji, dan Family Kit. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Bapak Sudarmawan, selaku Kepala Pelasana Badan Penanggulangan Bencana Daeran (BPBD) Jawa Timur.
 
Diharapkan nantinya pengelolaan dan pendistribusuian bantuan kepada warga dilakukan satu pintu. Sehingga tidak ada ketimpangan dalam pengiriman bantuan dan diharapkan bantuan merata ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Saat ini masyarakat masih membutuhkan prahu karet, sembako, pakaian layak pakai, air minum, diapers bayi. Bantuan dapat disampaikan langsung menuju kel. Pacitan, kec. Pacitan. 
 
Masih dikarenakan adanya TC Cempaka, dilaporkan pada pukul 11.00 WIB kembali diguyur hujan. Dikarenakan kondisi jalan yang cukup berbahaya, lalu lintas Ponorogo – Pacitan melintasi Wonogiri pada pukul 11.14 WIB kembali di tutup. Untuk akses pengiriman bantuan sebaiknya menunggu jalur Ponorogo – Pacitan melalui Slahung yang saat ini sedang dilakukan pembersihan. Pada pukul 13.00 WIB Ponorogo – Pacitan jalur Slahung sudah bisa dilalui.
 
Hingga saat ini, informasi lokasi pengungsian berada di 13 titik yang tersebar di Pacitan. Sebanyak 1100 jiwa mengungsi akibat bencana banjir dan longsor ini. “Dokumen-Dokumen tentang bencana Pacitan ini segera disusun untuk memudahkan penyusunan Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB).” Pesan Sudarmawan saat meninjau lokasi posko induk dan pengungsian.
 
Tidak hanya menyampaikan bantuan dari pemerintah, Tim juga meninjau lokasi pengungsian dan posko induk yang berada di Kampus Akademi Komunitas Negeri Pacitan. Kepala pelaksana juga melihat langsung bagaimana warga sekitar bersama-sama menyiapkan dapur umum dan mengemasnya secara rapi untuk dibagikan kepada seluruh pengungsi.
 
Penyebaran informasi juga menjadi perhatian Kalaksa BPBD Jatim. Beliau meminta untuk segala informasi dikeluarkan oleh media center. Sehingga kita melakukan upaya pengurangan informasi hoax. Dengan memberikan informasi yang benar maka kita membantu warga dan keluarga yang jauh diluar Pacitan untuk tetap tenang. Rencananya nanti malam akan dilakukan rappat evaluasi dengan BPBD Forpimda, & OPD membahas tentang hasil tinjau lapang dan titik pengungsi.
 
Selama perjalanan menuju lokasi pengungsian, Tim menemukan beberapa titik rekahan tanah yang berada di tebing-tebing. Karena itu, untuk melakukan mobilisasi warga atau bantuan diaharap untuk berhati-hati dan mengutaman keamanan.  
 
*Pusdalops PB BPBD Jatim*
back to top