Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Pemkot Yogyakarta berikan uang kompensasi 1 milyar kepada wajib pajak

Pemkot Yogyakarta berikan uang kompensasi 1 milyar kepada wajib pajak

Jogja-KoPi|Pemerintah Kota Yogyakarta lewat Badan Pengelola Keuangan dan Aset mengembalikan uang kompensasi wajib pajak kepada ratusan Hotel dan Restaurant kota Yogyakarta.

Sebanyak 562 perusahaan yang merupakan wajib pajak mendapat uang kompensasi hingga Rp.1.262 milyar, dengan rincian uang 946 juta 700 ribu diberikan ke hotel yang sudah wajib pajak berjumlah 303 perusahan hotel. Sisanya berjumlah 315 juta 300 ribu akan diberikan ke restaurant dengan jumlah 259 restaurant.

Mengenai jumlah uang pemberian kepada setiap perusahaan,Kepala bidang pembukuan dan penagihan pendapatan daerah kota Yogyakarta, Santoso menuturkan perusahaan dengan pajak tinggi mendapatkan uang kompensasi yang besar pula.

"Semakin besar hotel atau restaurant, maka semakin tinggi pajaknya namun nantinya uang kompensasi diterima juga lebih besar dibandingkan perusahaan lainnya,"ujarnya saat diwawancarai di Ruang Grha Pandawa Balaikota, Selasa (24/7)

Santoso menerangkan belum bisa mengatakan secara pasti berapa jumlah terbesar uang kompensasi yang diberikan,namun ia sudah mendata setidaknya ada tiga hotel dan tiga restaurant dengan pajak tertinggi.

Terhitung tiga perusahaan hotel seperti Hotel tentrem,inna Garuda dan Melia Purosani dikenai pajak tinggi sehingga mendapatkan uang pengembalian yang besar.

Sementara untuk Restaurant, tiga perusahaan sepeti Mcdonald,KFC dan Pizza HUT juga memperoleh uang pengembalian yang besar akibat pajak yang tinggi.

Santoso mengatakan pemberian ini merupakan bagian dari Perda daerah kota Yogyakarta no 1 tahun 2011tentang pajak daerah dan keputusan walikota no 364 tentang pemberian kompensasi/pengembalian kepada wajib pajak.

Santoso melanjutkan alasan kenapa 526 perusahaan ini berhak mendapat uang kompensasi karena semua perusahaan tersebut sudah masuk kategori perusahaan yang tertib membayar pajak.

Ia menerangkan tujuan dari pemberian ini tidak hanya mendorong perusahaan untuk membayar wajib namun juga memotivasi perusahaan dan dapat mensejahterakan pegawainya.

"Tujuan dari pengembalian ini mendorong agar restaurant dan hotel membayar pajak,menaati aturan, memotivasi untuk menbayar dan memberikan kesejahteraan pada pekerjanya,"terangya.

Wakil Walikota,Heroe Poerwadi dalam sambutannya juga mengungkapkan meski jumlah uang yang diberikan lebih kecil dibandingkan uang pajak mereka namun uang ini merupakan salah satu bentuk apresiasi pemkot kepada perusahaan yang sudah tertib membayar pajak.

"Semoga ini menjadi Motivasi kepada perusahaan lainnya yang belum tertib membayar pajak menjadi tertib dan mengikuti kebijakan,"tandasnya.| Syidiq Syaiful Ardli

back to top