Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Pemkot Yogyakarta berikan uang kompensasi 1 milyar kepada wajib pajak

Pemkot Yogyakarta berikan uang kompensasi 1 milyar kepada wajib pajak

Jogja-KoPi|Pemerintah Kota Yogyakarta lewat Badan Pengelola Keuangan dan Aset mengembalikan uang kompensasi wajib pajak kepada ratusan Hotel dan Restaurant kota Yogyakarta.

Sebanyak 562 perusahaan yang merupakan wajib pajak mendapat uang kompensasi hingga Rp.1.262 milyar, dengan rincian uang 946 juta 700 ribu diberikan ke hotel yang sudah wajib pajak berjumlah 303 perusahan hotel. Sisanya berjumlah 315 juta 300 ribu akan diberikan ke restaurant dengan jumlah 259 restaurant.

Mengenai jumlah uang pemberian kepada setiap perusahaan,Kepala bidang pembukuan dan penagihan pendapatan daerah kota Yogyakarta, Santoso menuturkan perusahaan dengan pajak tinggi mendapatkan uang kompensasi yang besar pula.

"Semakin besar hotel atau restaurant, maka semakin tinggi pajaknya namun nantinya uang kompensasi diterima juga lebih besar dibandingkan perusahaan lainnya,"ujarnya saat diwawancarai di Ruang Grha Pandawa Balaikota, Selasa (24/7)

Santoso menerangkan belum bisa mengatakan secara pasti berapa jumlah terbesar uang kompensasi yang diberikan,namun ia sudah mendata setidaknya ada tiga hotel dan tiga restaurant dengan pajak tertinggi.

Terhitung tiga perusahaan hotel seperti Hotel tentrem,inna Garuda dan Melia Purosani dikenai pajak tinggi sehingga mendapatkan uang pengembalian yang besar.

Sementara untuk Restaurant, tiga perusahaan sepeti Mcdonald,KFC dan Pizza HUT juga memperoleh uang pengembalian yang besar akibat pajak yang tinggi.

Santoso mengatakan pemberian ini merupakan bagian dari Perda daerah kota Yogyakarta no 1 tahun 2011tentang pajak daerah dan keputusan walikota no 364 tentang pemberian kompensasi/pengembalian kepada wajib pajak.

Santoso melanjutkan alasan kenapa 526 perusahaan ini berhak mendapat uang kompensasi karena semua perusahaan tersebut sudah masuk kategori perusahaan yang tertib membayar pajak.

Ia menerangkan tujuan dari pemberian ini tidak hanya mendorong perusahaan untuk membayar wajib namun juga memotivasi perusahaan dan dapat mensejahterakan pegawainya.

"Tujuan dari pengembalian ini mendorong agar restaurant dan hotel membayar pajak,menaati aturan, memotivasi untuk menbayar dan memberikan kesejahteraan pada pekerjanya,"terangya.

Wakil Walikota,Heroe Poerwadi dalam sambutannya juga mengungkapkan meski jumlah uang yang diberikan lebih kecil dibandingkan uang pajak mereka namun uang ini merupakan salah satu bentuk apresiasi pemkot kepada perusahaan yang sudah tertib membayar pajak.

"Semoga ini menjadi Motivasi kepada perusahaan lainnya yang belum tertib membayar pajak menjadi tertib dan mengikuti kebijakan,"tandasnya.| Syidiq Syaiful Ardli

back to top