Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Najwa Shihab mengingatkan pentingnya membaca

Najwa Shihab mengingatkan pentingnya membaca

Jogja-KoPi| Najwa Shihab mengingatkan pentingnya membaca pada masyarakat. Ia mengatakan dalam Talkshow Buku dan Generasi millenial di acara event Mocosik Festival, Senin (13/2).

Dalam talkshow yang dipandu oleh Musisi Glen Fredly dan Tompi, Najwa Shihab menbagikan pengalaman membaca serta manfaat dan pentingnya membaca. Berdasarkan cerminan pengalaman masa kecil Najwa, kebiasaan membaca harus dibangun sejak kecil agar dapat menumbuhkan minat membaca.

"Saya dibesarkan dengan keluarga yang cinta buku, dari kecil sudah diajari membaca buku, jadi sebelum bisa membaca saya sudah disuruh baca buku," ujarnya di saat Talkshow di Gedung JEC Hall A.

Selain Najwa Shihab, hadir juga FX Rudy Gunawan yang juga seorang jurnalis, penulis serta pendiri Gagas Media. Rudy juga membagikan pengalaman masa kecilnya yang suka membaca karena terpengaruh lingkungan yang mendukung minat membaca.

"Dulu tetangga mendirikan taman baca, ya dari situ saya suka membaca, walaupun pada saat itu saya gemar membaca komik," jelasnya.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan minat membaca yang rendah, berdasarkan statistik internasional, perbandingan hanya satu dari seribu orang Indonesia yang membaca buku.

Najwa Shihab sebagai duta baca, bergerak untuk meningkatkan minat membaca masyarakat Indonesia. Menurutnya salah satu permasalahan bukan karena masyarakat malas membaca,namun juga tidak adanya buku yang dapat dibaca. Seperti pada kisahnya ketika mengirimkan buku di Papua.

"Waktu itu tim yang di lapangan mengalami kesulitan izin, karena saya seorang jurnalis, saya melink serta menghubungi jejaring agar bisa masuk, dibanding saya teman-teman di lapangan jauh lebih hebat," ceritanya.

Najwa mengingatkan agar masyarakat menumbuhkan minat baca, karena selain menambahkan pengetahuan, manfaat yang diperoleh juga sangat banyak. Seperti menghilangkan rasa penat, mempertajam ingatan serta membuat seseorang lebih bahagia.

"Membaca membuat kita bahagia serta menjadikan kita lebih berkualitas, penelitian di Amerika memaparkan dengan 6 menit membaca, otak sudah menghilang tingkat ketegangan akibat stress," ujarnya.

Membekali diri dengan membaca, Najwa menilai seseorang sudah mampu dalam menghadapi isu-isu yang berseliweran di media sosial. Karena dengan membaca maka seseorang dapat memilah informasi dengan benar serta menumbuhkan rasa kritis yang kuat.

"Kemampuan memilah ini tidak serta merta didapatkan dengan mudah, perlu ada latihan dengan selalu membaca," tegasnya. |Syidiq Syaiful Ardli|

back to top