Menu
Bupati dan Walikota Harus Mengacu dengan Visi Misi Presiden

Bupati dan Walikota Harus Mengacu d…

Surabaya-KoPi| Bupati dan...

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis Soprema 2018 untuk Sociopreneur Muda dari 16 Provinsi Indonesia

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis S…

Jogja-KoPi| Rangkaian gel...

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi Bisa Dilatih

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi …

Jogja-KoPi| Pakar Manajem...

Raih Doktor Usai Meneliti Transformasi Budaya Organisasi Perguruan Tinggi

Raih Doktor Usai Meneliti Transform…

Jogja-KoPi| Transformasi ...

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Prev Next

Mengurus SIM di Bantul nyaman dan tanpa calo

Mengurus SIM di Bantul nyaman dan tanpa calo

Bantul-KoPi| Mengurus SIM baik itu perpanjangan atau pembuatan SIM baru saat ini di Bantul cepat dan tanpa calo. Hal ini tampak dari pengamatan langsung di lapangan. Suparyanta warga Bantul dan Triyuniarti dari Donotirto mengatakan mengurus perpanjangan SIM pelayanan dari Polres dirasa cepat dan tidak ada calo yang menawarkan jasanya.

"Pembatasan di beberapa bagian seperti pemasangan dinding kaca pemisah agar tidak semerawut dan yang tidak berkepentingan tidak boleh masuk,prosesnya pun mudah dan cepat," ujar Suparyanta.

Grigah triyantoro dari Bantul dan Waluyo dari Sedayu juga senada dengan Suparyanta terkait pelayanan yang nyaman. Meski Waluyo gagal dua kali saat ujian, namun dirinya tetap konsisten agar mengikuti proses secara murni tanpa bantuan calo

"Saya ikut prosedur mas, semisal tidak lulus ya tidak apa-apa kita juga bisa belajar, saya mengalami kegagalan dua kali seperti saat U turn, baru setelah itu saya dapat SIM," jelas Grigah.

Sementara itu Lanjar, staff bagian pengurusan SIM Polres Bantul menjelaskkan pengurusan SIM saat ini lebih ketat dan lebih nyaman dibandingkan lima tahun yang lalu.

Polres Bantul menerapkan dinding pemisah antara warga yang mengantri di loket untuk mengurus SIM. Menurut Lanjar, pemasangan dinding ini salah satu upaya pembatasan agar hanya mereka yang membuat SIM yang boleh masuk.

"Pembatasan lewat satu pintu ini juga berfungsi agar Anggota Polri yang tidak bertugas di bagian SIM juga tidak diperbolehkan masuk sehingga kesempatan untuk calo dapat masuk juga tidak ada,"jelas Lanjar saat diwawancarai di Polres Bantul,Jumat (31/3)

Selain itu dinding pembatas ini juga berfungsi membatasi agar masyarakat dapat nyaman menunggu. Lanjar menambahkan peningkatan pelayanan masyarakat juga menjadi tugas di Polres.

"Bagi yang perpanjangan cukup siapkan KTP dan SIM asli disertai fotocopynya dan surat keterangan sehat dari dokter, masuk ke ruangan loket nanti dicek petugas,mengisi formulir,ambil antrian lalu serahkan berkas ke loket 1 lalu menunggu nomor panggilan untuk di foto dan menunggu SIM jadi di Loket 2." Jelas Lanjar.

Sementara bagi yang membuat setelah difoto, langsung ujian teori jika lulus dilanjutkan dengan praktik. Setelah dinyatakan lulus,akan ada bukti berkas kelulusan dan SIM bisa diambil di Loket 2," lanjut Lanjar.

Proses pengurusan pembuatan da perpanjangan SIM C bisa juga dilakukan secara online. Masyarakat bisa juga mengakses materi ujian teori dan contoh ujian praktik lewat video.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Bantul AKP Leonisa menjelaskan Polres Bantul sendiri sudah memiliki satuan pengawas kegiatan seperti inspektorat di Polda dan diketuai oleh Wakpolres. Tujuannya untuk meminimalisir dan pungli dan berkaitan pula dengan program reformasi birokrasi Polri.

AKP Leonisa juga menghimbau kepada masyarakat agar mengikuti proses yang benar tanpa calo saat mengurus SIM.

"Pesan kepada masyarakat yang akan memperpanjang dan membuat SIM,jangan percaya dengan calo, ikuti prosedur saja pasti cepat untuk mendapatkan SIM atau memperpanjang nya," himbau Leonisa.| Syidiq Syaiful Ardli 

 

back to top