Menu
Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adalah Persatuan dan Kesatuan

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adala…

Jatim-KoPi| Salah satu ku...

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman Masih Berpusat Pada Institusi Bukan Hakim Secara Personal

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehak…

Sleman-KoPi|Kemerdekaan k...

Prev Next

Mendukung Keistimewaan DIY: Pemkab Sleman bantu gamelan

Mendukung Keistimewaan DIY: Pemkab Sleman bantu gamelan

Sleman-KoPi, Dalam upaya melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan potensi seni dan budaya, Pemkab Sleman memiliki program kecamatan sebagai pusat pelestarian kebudayaan yang telah dicanangkan pada tahun 2007. Program ini dimaksudkan agar kecamatan diarahkan sebagai wahana masyarakat untuk melakukan aktifitas pelestarian kebudayaan guna tetap terjaganya eksistensi kebudayaan yang dimiliki dan berinteraksi dalam masyarakat sehingga tumbuh kantong-kantong budaya.

Dalam hal ini, Camat sebagai pemimpin unit kerja di tingkat kecamatan, mampu memberikan inspirasi dan keteladanan. Sehingga memberikan motivasi masyarakat untuk melestarikan kebudayaannya.


Dalam perkembangannya, program kecamatan sebagai pusat pelestarian kebudayaan sangat relevan untuk mendukung implementasi keistimewaan DIY, khususnya dalam bidang budaya. Menyadari akan pentingnya kebudayaan untuk mendukung program pembangunan secara utuh, Pemerintah Kabupaten Sleman – melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata – salah satunya melaksanakan program pemberian bantuan perangkat gamelan yang ditujukan ke masing-masing kecamatan.


Bantuan gamelan dilaksanakan secara bertahap setiap tahunnya untuk menjangkau 17 kecamatan. Diharapkan, bantuan ini dapat memberikan support dan stimulasi positif bagi warga masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya daerah. “Yang pada gilirannya secara riil dapat mendukung program kecamatan sebagai pusat pelestarian kebudayaan sekaligus mewujudnyatakan keistimewaan DIY,” kata Sri Purnomo, Rabu (30/4/2014).


Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo berharap, bantuan gamelan itu, benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pelaku seni budaya. Kantor kecamatan hendaknya mulai difungsikan sebagai wahana berolah seni bagi seluruh warga masyarakat di wilayah tersebut. “Sehingga ke depan kegiatan seni dan budaya akan lebih hidup dan lebih dinamis. Selain tentunya kegiatan seni budaya juga tetap dilaksanakan di masing-masing sanggar ataupun komunitas,” tandas Sri Purnomo lagi.


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM menyatakan, bantuan gamelan yang telah diawali pada tahun 2013 merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah daerah dalam upaya mengembangkan dan mendinamisasikan seni budaya. “Karena gamelan sebagai kebutuhan pokok bagi komunitas seni dan budaya,” kata AA Ayu Laksmidewi.


Dengan demikian, diharapkan ke depan geliat seni budaya dalam masyarakat akan terasa dalam dinamika hidup masyarakat yang secara riil akan mendukung keberadaan keistimewaan DIY. Ada 6 kecamatan yang sudah memperoleh bantuan gamelan pada tahun 2013, yaitu kecamatan Depok, Berbah, Pakem, Seyegan, Gamping dan Kalasan. Sementara untuk tahun 2014 terdapat 3 kecamatan yang memperoleh bantuan gamelan, yaitu kecamatan Sleman yang sudah diserahkan 26 April 2014 dan dilanjutkan Kecamatan Turi pada 3 Mei 2014 serta Kecamatan Godean pada 17 Mei 2014 mendatang.


Reporter: Affan Safani Adham

back to top