Menu
Raih Doktor Usai Meneliti Transformasi Budaya Organisasi Perguruan Tinggi

Raih Doktor Usai Meneliti Transform…

Jogja-KoPi| Transformasi ...

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Prev Next

KSAD berikan pembekalan Capaja Akmil

KSAD berikan pembekalan Capaja Akmil

Magelang-KoPi| Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memberikan ceramah pembekalan kepada 220 Taruna Akmil Tingkat IV yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Perwira Remaja, bertempat di Gedung Moch Lily Rochli Akademi Militer.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Irjenad, Kasahli Kasad, para Asisten Kasad, Gubernur Akmil Mayjen TNI Hartomo, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wisnoe PB., para Pejabat Distribusi Akmil dan para Pengasuh Taruna Akmil, serta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana.

Dalam ceramahnya Kasad menjelaskan, bahwa berakhirnya masa pendidikan di Akmil merupakan awal penugasan dan pengabdian yang sesungguhnya sebagai Perwira TNI AD. Keberhasilan tugas akan ditentukan oleh tekad dan integritas yang kuat serta kemampuan beradaptasi dengan dinamika lingkungan tugas.

Tantangan tugas kedepan semakin berat dengan isu strategis yang perlu terus diwaspadai sebagai bagian dari proxy war, diantaranya peredaran dan penyalahgunaan narkoba, radikalisme dan terorisme, isu bangkitnya komunisme serta wacana pembubaran komando teritorial.

ksad3

Selain itu, Kasad menerangkan bahwa kebijakan rencana strategi TNI AD mengacu pada RPJMN dengan prioritas utama program pembangunan TNI AD adalah peningkatan kesejahteraan, modernisasi alutsista, kesiapan operasional, pendidikan dan latihan, pengamanan perbatasan dan pulau terluar/terdepan.

Tantangan bagi Perwira Muda adalah TNI AD hanya membutuhkan pemimpin yang andal dan kompeten dengan didukung moralitas, dedikasi, loyalitas, pengetahuan, kesegaran jasmani dan kepribadian yang baik.

Kepemimpinan adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkah laku orang lain supaya mau mengikuti apa yang diinginkan oleh pemimpin dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Harapan dan penekanan Jenderal TNI Mulyono kepada Taruna Akmil diantaranya, Taruna harus membekali diri dengan karakter pribadi yang kuat, ilmu pengetahuan, serta kesegaran jasmani yang prima agar mampu menjadi perwira yang baik. Siapkan diri dan satuanmu dengan disiplin, jago perang, jago menembak, jago beladiri dan fisik yang prima.

kasd1

Tanamkan niat bahwa menjadi perwira adalah untuk memberikan yang terbaik kepada satuan. Menjadi pemimpin jangan hanya mendompleng nama besar satuan, tetapi harus menjadi pemimpin yang kreatif dan inovatif.

Tinggalkan manajemen ketakutan, kehadiran seorang pemimpin bukan menambah masalah tetapi bagian dari solusi. Pelajaran yang sesunguhnya adalah di satuan dengan cara mencurahkan segenap waktu untuk hidup bersama prajurit.

Belajarlah dengan atasan, rekan maupun bawahan, memahami dengan baik tugas dan karakter satuan serta menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan benar. Sayangi prajurit dan keluarganya dengan hati dan pikiran. Asahlah hati dan pikiran untuk bagaimana memimpin prajurit dan satuan dengan baik.

Setelah selesai memberikan ceramah pembekalan Kasad Jenderal TNI Mulyono memberikan bantuan berupa peralatan Genderan Seruling Canka Lokananta (GSCL) kepada Taruna Akademi Militer secara simbolis.

back to top