Menu
Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen Air Hujan

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen A…

Jogja-KoPi| Pakar Hidrolo...

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkatan Kompetitifitas Produk Agrikultur

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkat…

Bantul-KoPI|Pada tahun 20...

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

Oleh Moh. Mudzakkir(Dosen...

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi Swasta Sumbangkan Kaum Intelektual di Jatim

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi …

Surabaya-KoPi| Sebanyak 2...

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar Banyak Terserang Ispa

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar …

Lombok-KoPi| Sebanyak 30 ...

Prev Next

Konser Kebangsaan Jogja Kota Republik

Konser Kebangsaan Jogja Kota Republik

Rabu 1 Maret 2017 Pk. 19.00 – selesai di Foodcourt Cafe Kampayo XT Square  

Dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Kesejarahan pada Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta akan digelar acara “Konser Kebangsaan Jogja Kota Republik” pada hari Rabu 1 Maret 2017 pukul 19.00 – selesai di Foodcourt Cafe Kampayo XT Square Jl. Veteran 150-151 Umbulharjo Yogyakarta.

Konser Kebangsaan Jogja Kota Republik akan menampilkan konsep “four in one” yang artinya memadukan empat kegiatan dalam satu waktu bersamaan. Bagaimana rundownnya?

Pada pukul 19.00 – 19.30 WIB akan diawali penampilan group karawitan anak “Icipili Mitirimin” dari Omah Cangkem pimpinan Pardiman Joyonegoro yang dimainkan 30 orang anak-anak usia Sekolah Dasar. Mereka akan membawakan sejumlah nomor lagu antara lain berjudul Indonesia Sakti, Gemilang Kejayaanku, Banyu Bening, Aku Anak Jogja, Bermain dan Bung Karno.

Selanjutnya pukul 19.30 – 20.00 WIB dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter “Yogya Kembali” karya sejarahwan muda Aan Ratmanto.

Berikutnya pukul 20.00 – 21.00 WIB diteruskan talk show kebangsaan menampilan sejarahwan Universitas Sanata Dharma DR. H. Purwanta, M.A dan tokoh masyarakat Kyai H.M. Jazir ASP dari Masjid Jogokaryan serta Drs. Umar Priyono, M. Pd Kepala Dinas Kebudayaan DIY.

Puncak acara pukul 21.00 – selesai akan dimeriahkan pertama oleh penampilan group musik Tratag Budaya pimpinan Ambar “Polah” Cahyono yang bakal menampilkan sejumlah lagu seperti Satu Bendera, Perubahan dan Kongkalikong.

Penampilan kedua adalah Bintang Swara Hati. Group yang berisikan sejumlah mahasiswa perrantuan yang studi di Yogyakarta ini akan membawakan salah satu lagunya yang didedikasikan untuk Pahlawan Nasional Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Terakhir adalah penampilan Sri Krishna yang dikenal di Yogyakarta sebagai pelantun lagu-lagu balada. Sri Krishna akan menyanyikan lagu-lagu bertema kebangsaan dan refleksi atas kehidupan.

Urgensi dari pelaksanaan kegiatan ini sedikitnya ada tiga. Pertama sebagai upaya untuk merawat ingatan kepada generasi masa kini bahwa betapa besar sumbangsih Yogyakarta khususnya dibawah kepemimpinan dwi tunggal Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VII dalam menyelamatkan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kedua dalam rangka penanaman nilai-nilai kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme kepada generasi muda. Nilai ini menjadi penting di tengah perkembangan dan konstelasi negara bangsa kita hari ini dimana nilai-nilai persatuan dan kesatuan mengalami distorsi karena banyaknya konflik kepentingan yang mengedepankan ego kelompok dan golongan.

Nilai ketiga adalah memberi ruang/kesempatan kepada musisi/seniman lokal untuk merespon tema Jogja Kota Republik dalam ekspresi keseniannya.

Yogyakarta 23 Februari 2017
Koordinator Acara
Widihasto Wasana Putra / 08122743726

back to top