Menu
Inkubasi Tahap 1 Resmi Buka Gelaran Soprema 2018

Inkubasi Tahap 1 Resmi Buka Gelaran…

Jogja-KoPi| Kegiatan Inku...

Lestarikan Budaya Tradisional, UAJY Adakan Lomba Jemparingan

Lestarikan Budaya Tradisional, UAJY…

Jogja-KoPi| Universitas A...

Niagahoster Devcussion 2.0 Dorong ​Web-Professional Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Dorong ​…

Yogyakarta, 25 September ...

Lantik Heru Tjahjono, Pakde Karwo Ingatkan Dua Fungsi Sekda

Lantik Heru Tjahjono, Pakde Karwo I…

Surabaya-KoPi| Sesuai UU ...

Kepa BNPT Ajak Mahasiswa UGM Jauhi Paham Radikal

Kepa BNPT Ajak Mahasiswa UGM Jauhi …

 JogjaKoPi| Kepala B...

Bupati dan Walikota Harus Mengacu dengan Visi Misi Presiden

Bupati dan Walikota Harus Mengacu d…

Surabaya-KoPi| Bupati dan...

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis Soprema 2018 untuk Sociopreneur Muda dari 16 Provinsi Indonesia

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis S…

Jogja-KoPi| Rangkaian gel...

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi Bisa Dilatih

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi …

Jogja-KoPi| Pakar Manajem...

Raih Doktor Usai Meneliti Transformasi Budaya Organisasi Perguruan Tinggi

Raih Doktor Usai Meneliti Transform…

Jogja-KoPi| Transformasi ...

Prev Next

Jalan Ringroad akan berganti nama awal bulan depan

Jalan Ringroad akan berganti nama awal bulan depan
Jogja-KoPi|Pemerintah Daerah DIY(Pemda) akan berikan sejumlah nama pada jalan legendaris arteri nasional lingkar Ringroad di Yogyakarta pada awal bulan depan. 
 
Hal tersebut dikonfirmasi langsung Plt Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemda DIY, Sigit Sapto menjelaskan peluncuran dan sosialisasi nama jalan arteri nasional yang baru akan dilaksanakan di sekitar daerah Jombor, Sleman Yogyakarta pada Bulan Oktober 2017.
 
"Tanggal pastinya masih dibicarakan, yang pasti awalnya Oktober karena Pak Gubernur ingin  secepatnya dilaunching. Sementara kami masih mengurus persiapannya," ujar Sigit usai rapat di Kompleks Perkantoran Gubernur Yogyakarta, Kamis (8/9).
 
Pemberian nama jalan ini, tercantum dalam Keputusan Gubernur nomor 166/Kep/2017 tertanggal 24 Agustus 2017. Dalam keputusan itu Jalan arteri ringroad barat dari perempatan Palem Gurih hingga Simpang empat Jombor akan diberi nama Jalan Siliwangi (sepanjang 8,58 km).Sementara Jalan Arteri Ringroad Utara dari perempatan Jombor  sampai pertigaan Maguwoharjo dinamai Jalan Padjajaran (sepanjang 10 km).  
 
Dan dari Jalan Ringroad Timur dari Simpang Tiga Janti hingga Simpang Empat Jalan Wonosari diberi nama Jalan Majapahit(sepanjang 3,20km) .Sedangkan Jalan Ringroad Selatan dari Simpang Empat Jalan Wonosari hingga Simpang Empat Immogiri Barat dinamai Jalan Ahmad Yani(sepanjang 6,50km). Terakhir, Jalan Ringroad sisi Barat Daya dari Perempatan jalan Immogiri Barat hingga perempatan Dongkelan bernama Jalan Wirjono Projodikoro(sepanjang 2,78km).
 
Nama jalan dari perempatan Dongkelan ke pertigaan gamping sepanjang 5,86km diberi nama Jalan Brawijaya.
 
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Dewo Isnu Broto mengungkapkan dengan adanya pemberian nama baru, pihaknya akan segera mengkoordinasikan sosialisasi bertahap kepada masyrakat melalui media masa dan media sosial. Selain itu akan ada pula perubahan administrasi kependudukan  atau data perizinan alamat masyarakat khususnya yang tinggal di Pinggir jalan arteri Nasional Ringroad. 
 
"Misalnya di KTP sebelumnya alamat tertulis jalan Ring Road Utara sekarang ditulis Jalan Padjajaran. Dulu Alamat kantor di surat izin ditulis Jalan Ringroad Barat sekarang ditulis jalan Siliwangi. Berubah secara perlahan," jelas Dewo yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Hukum Pemda DIY. 
 
Dalam acara peluncuran nanti akan dipasangkan pula plang papan nama jalan secara simbolis. Dewo menjelaskan ada dua desain plang nama yang tengah dirapatkan. Pertama adalah papan plang nama dengan ukiran khas Yogyakarta dan papan plang nama polos tanpa ukiran.
 
Pemda DIY nantinya akan turut  mengundang kepala daerah provinsi lain saat peluncuran nama jalan dibulan Oktober nanti.| Syidiq Syaiful Ardli
back to top