Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Irjenad: Peran Inspektorat adalah penjamin kualitas, penyedia informasi dan pencegahan dini

Irjenad: Peran Inspektorat adalah penjamin kualitas, penyedia informasi dan pencegahan dini

Magelang-KoPi| “Peran Inspektorat tidak dimaksudkan untuk mencari-cari kesalahan entitas/ obrik atau yang lebih dikenal dengan istilah Watchdog. Peran Inspektorat adalah penjamin kualitas (quality assurance), penyedia informasi (consulting partner) dan pencegahan dini (early warning system)”.

Demikian Irjenad Mayjen TNI Nugroho Widyotomo pada acara ceramah pembekalan kepada 220 orang Taruna Akmil Tingkat IV selaku Calon Perwira Remaja (Capaja) di Gedung Moch Lily Rochli Akademi Militer.

Ceramah tersebut dihadiri Gubernur Akmil Mayjen TNI Hartomo, Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wisnoe PB. dan para Pejabat Distribusi Akmil serta para Pengasuh Taruna Akmil.

Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) merupakan staf pelaksana yang berkedudukan langsung di bawah Kasad, bertugas melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap organisasi di jajaran TNI AD.

Berdasarkan Perkasad Nomor 5 Tahun 2015 tugas pokok Itjenad adalah “Melaksanakan Pengawasan dan Pemeriksaan Umum serta Pengawasan dan Pemeriksaan Perbendaharaan terhadap Organisasi di jajaran Angkatan Darat dalam rangka mendukung tugas pokok Angkatan Darat”.

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut Itjenad melaksanakan fungsi-fungsi sebagai berikut; Fungsi Utama melaksanakan wasrik di bidang umum yaitu melaksanakan wasrik terhadap kinerja seluruh penyelenggara fungsi organik di jajaran TNI Angkatan Darat.

itjend2

Wasrik bidang Perbendaharaan yaitu melaksanakan wasrik terhadap anggaran/ keuangan dan verifikasi seluruh penyelenggaraan fungsi organik di jajaran Angkatan Darat.

Fungsi Organik melaksanakan kegiatan yang meliputi kegiatan di bidang Intelijen, operasi, Sumber Daya Manusia (SDM), logistik, teritorial satuan non Kowil, perencanaan, pengawasan dan pemeriksaan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat.

Sedangkan Pengawasan dan Pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Itjenad meliputi dua bidang, yaitu Bidang Kinerja dan Bidang Perbendaharaan.

Pada Bidang Kinerja dilakukan pengawasan dan pemeriksaan atas pelaksanaan program kegiatan di satuan dengan cara meneliti dan mencocokan apakah kegiatan tersebut telah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, apakah sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, dan juga apakah pelaksanaan kegiatan tersebut sudah sesuai dengan sistem atau mekanisme yang telah ditentukan.

Sedangkan pada Bidang Perbendaharaan diadakan pemeriksaan yang terkait dengan penggunaan anggaran dan pembuatan pertanggung jawaban keuangan dicocokkan dengan ketentuan administrasi yang harus dilengkapi dalam pembuatan pertaggungjawaban keuangan.

itjend

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat tersebut tidak terlepas dari perannya sebagai APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah).

APIP berperan untuk memberi jaminan (assurance activities) dan juga memberi layanan konsultansi (consulting activities) terhadap kegiatan program anggaran agar sesuai dengan standar 2K3E (Ketaatan dan Ketertiban terhadap aturan serta Efektif, Efisien dan Ekonomis terhadap anggaran) dimana Ketaatan dan Ketertiban kedua hal tesebut tidak boleh menyimpang dari aturan dan ketentuan yang berlaku.

Sedangkan Efektif, Efisien dan Ekonomis diarahkan kepada penggunaan anggaran. Hal tersebut sesuai Perkasad Nomor /51-02/XII/2012 Tanggal 28 Desember 2012 Bujukmin tentang Pengawasan dan Pemeriksaan.

Irjenad juga menyampaikan beberapa atensi untuk dijadikan perhatian dan dilaksanakan oleh para Capaja antara lain; belajarlah bersungguh-sungguh agar paham dan kuasai ilmu pengetahuan; berlatih dengan semangat dan keras agar terbentuk mental juang sebagai petempur sejati (fighter); kuasai prosedur teknik dan taktik kecabangan; pahami peraturan administrasi dan pertanggungjawaban keuangan; aktualisasikan bahwa keberhasilan tugas sangat diperlukan fungsi pengawasan (control) yang optimal.

back to top