Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

Geopark ciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat

Geopark ciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat

Jogja-KoPi| Wisata Geopark Gunung Kidul ciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat Gunung Kidul diharapkan lebih sejahtera dengan adanya wisata Geopark Gunung Kidul yang telah diakui UNESCO sebagai Global Geopark Network,” jelas M. Baiquni, Profesor Ilmu Geografi UGM yang ditemui saat Seminar Pariwisata di Auditoriom Fakultas Ilmu Budaya UGM, Sabtu (19/03).

Wisata Geopark Gunung Kidul yang terletak pada deretan Geopark Gunung Sewu telah menjadi sorotan dunia, diharapkan tidak hanya sebagai sebuah label kosong, tapi sebagai sebuah wisata yang dapat dikelola dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan dari geopark sendiri yaitu memberikan kesejahteraan masyarakat dengan pengelolaan yang baik terhadap geodiversity dari alam yang ada. Oleh karenanya pembangunan yang ada harus sinergi, tidak hanya pada otonomi perkabupaten tapi dengan membangun kawasan terpadu dalam pengelolaan, khususnya konservasi dan kesejahteraan masyarakat.

Mengingat, wisata Geopark Gunung Kidul merupakan deretan wisata geopark gunung sewu, yang terbagi dalam tiga kabupaten yaitu, Gunung Kidul, Wonosari, dan Pacitan. Pembangunan yang sinergi ini diharapkan mampu menjadikan masyarakat peka dan dapat menangkap peluang yang ada sehingga meningkatkan kesejahteraannya.

“Masyarakat lokal perlu ditingkatkan pemahaman dan pengelolaan sehingga mampu menangkap peluang di tempat wisata tersebut,” papar M. Baiquni.

Peluang yang tercipta dengan adanya wisata Geopark ini bermacam-macam, mulai dari peluang kuliner, souvenir, guide (pemandu wisata), home stay, dan lain sebagainya. Peluang-peluang yang ada ini seharusnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat gunung kidul, mengingat geopark gunung kidul telah menjadi sorotan dunia. Wisata Geopark Gunug Kidul menghidupkan ladang pekerjaan yang ada di Gunung Kidul, mensejahterakan masyarakat sekitar dengan adanya para pengunjung

Menurut M. Baiuni, dengan adanya pekerjaan baru yang tercipta dari wisata geopark ini, seharusnya pemerintah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sadar wisata. Tak haya itu pemerintah juga diharapkan memberikan kesempatan pendampingan teknis, kredit, maupun pemasaran kreatif dari Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrin, Dinas Pertanian, dan Dinas-Dinas yang terkait kepada masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tidak hanya bergantung pada pertanian.│Frenda Yentin

back to top