Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Ahok tetap terunggul dalam survei SMRC

Ahok tetap terunggul dalam survei SMRC

Jakarta-KoPi| Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengeluarkan hasil survei tentang Pilkada DKI 2017 yang dilakukan pada 20 Oktober 2016. Sirojudin Abas selaku Direktur SMRC menyampaikan Empat bulan menjelang pemilihan Gubernur DKI berlangsung.

Posisi petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat tetap jauh lebih kokoh dibandingkan dua pesaingnya. Bila pemilihan dilakukan saat ini, 45,4% warga Jakarta menyatakan akan memilih pasangan petahana.

Suara dukungan terhadap Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni mencapai 22,4%, berselisih tipis dengan dukungan terhadap Anies Baswedan - Sandiaga Uno yang mencapai 20,7%. Sementara 11,6% lainnya menyatakan tidak tahu/rahasia.

Dalam teori perilaku pemilih terdapat model pemilih instrumental atau pemilih rasional, pilihan pemilih banyak dipengaruhi oleh penilaian atas kondisi makro di sekitarnya, terutama ekonomi dan pelaksanaan pemerintahan. Kepuasan masyarakat ini juga tercermin dalam hal penilaian mereka terhadap kondisi sarana dan prasarana yang ada di DKI saat ini.

Mayoritas warga menilai bahwa :

Kondisi rumah sakit/puskesmas ((92%), Pelayanan di kecamatan/kelurahan (90%), Gedung sekolah (90%), - Air bersih (89%), Jaringan listrik (89%), Kondisi jalan (88%), Kebersihan dan pengelolaan sampah (80%) berada dalam kategori ‘baik/sangat baik’. Kondisi kelancaran transportasi (49%).

 Langkah-langkah Ahok membenahi Jakarta juga diapresiasi warga.

Sekitar 70% persen warga menyatakan puas dengan kinerja Pemda DKI menangani banjir, 79% puas dengan kinerja Pemda DKI menangani sampah, dan 51% menyatakan yakin bahwa program bea siswa bagi keluarga miskin berjalan dengan baik. Kinerja pemerintah menangani kemacetan. Hanya 22% warga yang menyatakan puas dengan kinerja Pemda DKI menangani kemacetan.

Masyarakat menyatakan bahwa empat sifat kepemimpinan yang paling penting dimiliki seorang Gubernur DKI adalah:

1. Jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi (44,7&),2. Mampu memimpin (17,2%), 3. Perhatian pada rakyat (16,2%) 4. Serta tegas dan berwibawa (14,5%).

Ternyata di keempat kriteria tersebut, Ahok selalu dinilai lebih unggul daripada kedua calon lainnya yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan.

1. 66% warga menilai Ahok jujur dan bersih, sementara yang menilai hal tersebut ada dalam diri Agus hanya 44% dan Anies 52%, 2. 75% warga menilai Ahok mampu memimpin DKI Jakarta, sementara hanya 46 % warga menilai Agus memiliki kemampuan itu dan Anies 53%, 3. 66% warga menilai Ahok perhatian pada rakyat, sementara hanya 31% warga menyatakan Agus memiliki karakter itu dan Anies 54%.4. 88% warga menyatakan Ahok tegas dan berwibawa, sementara 75% warga menyatakan Agus juga memiliki sifat itu dan Anies hanya 58%.| Yesia Sinaga

 

Media

back to top