Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Pasukan Iraq rebut kembali Kota Tikrit

Pasukan Iraq rebut kembali Kota Tikrit
KoPi | Setelah berminggu-minggu berjuang untuk merebut kembali Kota Tikrit, Menteri Pertahanan Iraq menyatakan mereka telah berhasil merebut kembali kota kelahiran Saddam Hussein tersebut. bahkan Perdana Menteri Iraq Haider al-Abadi ikut turun ke jalan Kota Tikrit sambil mengibarkan bendera Iraq.
 

Kemenangan pasukan Iraq tersebut disebut sebagai kunci penting dalam mengusir militan ISIS dari Mosul, kota terbesar kedua di Iraq. Menteri Pertahanan Iraq Khalid al-Obeidi memperingatkan bahwa mereka akan segera merebut kembali kota lain yang diduduki ISIS.

“Kami akan datang ke Anbar, kami akan datang ke Nineveh, dan kami mengatakan ini dengan resolusi, kepercayaan diri, dan kebulatan tekad,” ungkap al-Obeidi melalui pernyataan video.

Untuk sementara pasukan Iraq akan tetap berada di Tikrit membersihkan kota itu dari ranjau dan perangkap yang disembunyikan ISIS. Kota tersebut memiliki peran penting karena menjadi penghubung antara ibukota Baghdad dengan Mosul.

Pasukan Iraq juga terus menyusuri kota tersebut untuk mencari penembak runduk (sniper) dan militan yang masih bertahan. Para komandan pasukan mengatakan hanya ada beberapa penembak runduk yang masih bertahan di kota.

ISIS merebut Kota Tikrit sejak pertengahan tahun lalu. Pasukan Iraq, yang terdiri dari tentara, anggota kepolisian, milisi Shiah dan Sunni melancarkan operasi militer besar-besaran selama sebulan demi merebut Tikrit. Selain itu Amerika juga memberi bantuan berupa serangan udara ke wilayah tersebut.

Pada Februari lalu, PBB merilis citra satelit yang menunjukkan setidaknya ada 536 bangunan di Tikrit yang hancur akibat pertempuran tersebut. “Insya Allah, akan ada dana untuk membangun kembali kota-kota yang dihancurkan ISIS,” ungkap Perdana Menteri al-Abadi.

Pengamat politik dari Universitas Mustansiriyah Baghdad mengatakan direbutnya Tikrit merupakan awal dari kehancuran ISIS. Mereka dinilai unggul dalam perang psikologi, namun direbutnya Tikrit membuat moral mereka turun, sedangkan moral pasukan Iraq sedang tinggi-tingginya.

Namun di perbatasan Iraq-Suriah, militan ISIS telah berhasil masuk lebih dalam ke wilayah Suriah dan semakin mendekati ibukota Damaskus. Berdasarkan pengakuan pasukan oposisi Suriah dan pengungsi Palestina, ISIS berupaya menyusup masuk ke Damasukus melalui kamp pengungsi Palestina. | World Post

back to top