Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Pasukan Iraq rebut kembali Kota Tikrit

Pasukan Iraq rebut kembali Kota Tikrit
KoPi | Setelah berminggu-minggu berjuang untuk merebut kembali Kota Tikrit, Menteri Pertahanan Iraq menyatakan mereka telah berhasil merebut kembali kota kelahiran Saddam Hussein tersebut. bahkan Perdana Menteri Iraq Haider al-Abadi ikut turun ke jalan Kota Tikrit sambil mengibarkan bendera Iraq.
 

Kemenangan pasukan Iraq tersebut disebut sebagai kunci penting dalam mengusir militan ISIS dari Mosul, kota terbesar kedua di Iraq. Menteri Pertahanan Iraq Khalid al-Obeidi memperingatkan bahwa mereka akan segera merebut kembali kota lain yang diduduki ISIS.

“Kami akan datang ke Anbar, kami akan datang ke Nineveh, dan kami mengatakan ini dengan resolusi, kepercayaan diri, dan kebulatan tekad,” ungkap al-Obeidi melalui pernyataan video.

Untuk sementara pasukan Iraq akan tetap berada di Tikrit membersihkan kota itu dari ranjau dan perangkap yang disembunyikan ISIS. Kota tersebut memiliki peran penting karena menjadi penghubung antara ibukota Baghdad dengan Mosul.

Pasukan Iraq juga terus menyusuri kota tersebut untuk mencari penembak runduk (sniper) dan militan yang masih bertahan. Para komandan pasukan mengatakan hanya ada beberapa penembak runduk yang masih bertahan di kota.

ISIS merebut Kota Tikrit sejak pertengahan tahun lalu. Pasukan Iraq, yang terdiri dari tentara, anggota kepolisian, milisi Shiah dan Sunni melancarkan operasi militer besar-besaran selama sebulan demi merebut Tikrit. Selain itu Amerika juga memberi bantuan berupa serangan udara ke wilayah tersebut.

Pada Februari lalu, PBB merilis citra satelit yang menunjukkan setidaknya ada 536 bangunan di Tikrit yang hancur akibat pertempuran tersebut. “Insya Allah, akan ada dana untuk membangun kembali kota-kota yang dihancurkan ISIS,” ungkap Perdana Menteri al-Abadi.

Pengamat politik dari Universitas Mustansiriyah Baghdad mengatakan direbutnya Tikrit merupakan awal dari kehancuran ISIS. Mereka dinilai unggul dalam perang psikologi, namun direbutnya Tikrit membuat moral mereka turun, sedangkan moral pasukan Iraq sedang tinggi-tingginya.

Namun di perbatasan Iraq-Suriah, militan ISIS telah berhasil masuk lebih dalam ke wilayah Suriah dan semakin mendekati ibukota Damaskus. Berdasarkan pengakuan pasukan oposisi Suriah dan pengungsi Palestina, ISIS berupaya menyusup masuk ke Damasukus melalui kamp pengungsi Palestina. | World Post

back to top