Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Inggris-KoPi| Inilah saatnya dimana 1,84 miliar Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan dengan hari pertama puasa pada 16 Mei. Bagi negara-negara lain, seperti Indonesia ,17 Mei akan menjadi hari pertama puasa.
Ramadhan adalah bulan paling suci bagi umat Islam karena dianggap sebagai bulan bahwa Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad pada malam Laylat al-Qadr, salah satu dari 10 malam terakhir di Bulan Ramadhan.
 
Jutaan umat Islam di seluruh dunia akan berpuasa setiap hari selama sebulan, menahan diri dari makan, minum dan merokok dari matahari terbit hingga terbenam.
 
Ini adalah bulan yang mengajarkan disiplin diri dan kesadaran bagi mereka yang hidup dalam kemiskinan.
 
Sebagai salah satu dari lima rukun Islam, puasa selama Ramadhan disertai dengan peningkatan refleksi spiritual, berdoa menyembah dan meningkatkan tindakan amal.
 
Berpuasa sepanjang hari bisa menjadi pengalaman yang lebih melelahkan bagi sebagian orang tergantung di mana mereka tinggal.
 
Misalnya, mereka yang tinggal di Oslo, Norwegia akan berpuasa 19 jam. Sementara Muslim di Yerusalem Timur di Palestina yang diduduki Israel, akan berpuasa sekitar 15 jam. Mereka yang tinggal di selatan khatulistiwa seperti di Buenos Aires, Argentina akan berpuasa hanya selama 12 jam .
 
Sehingga sangatlah umum untuk mengalami kelelahan dan dehidrasi yang tidak biasa ketika berpuasa.
 
Mahasiswa dan akademisi di Birmingham City University di Inggris datang dan menawarkan panduan yang berisi tips untuk mendukung kesejahteraan mereka yang berpuasa dan membantu mereka mempertahankan energi sebanyak mungkin sepanjang hari.
 
Air, air dan lebih banyak air selama jam malam - para ahli menyarankan minum air sebanyak mungkin selama waktu buka puasa (buka puasa) dan sahur (waktu sahur), terutama jika cuaca panas diperkirakan terjadi di siang hari. Maka pastikan anda sudah meminum minimal dua liter air selama jam malam.
 
Pelajari pentingnya keseimbangan - ketika berpuasa, tubuh Anda kekurangan nutrisi yang dibutuhkan sistem tubuh anda. Para ahli menekankan bahwa sangat penting untuk memastikan bahwa ketika waktunya makan,  makanan anda seimbang sehingga sistem konsumsi tubuh anda mendapat cukup nutrisi dari masing-masing anggotanya.
 
Pikirkan tentang alternatifnya -  tukar konsumsi makanan jenis minyak yang berat dan banyak untuk memanggang atau menggoreng dengan minyak ringan yang jumlah minyaknya sedikit. Tukar makanan yang lebih berat untuk ke alternatif yang lebih ringan. Misalnya, tukar kue dan cokelat ke makanan seperti buah dan yoghurt.
 
Olah raga dan puasa dapat bekerja bersama - penggemar olahraga dapat tetap menjaga rutinitas mereka berolahraga setiap hari. Latihan ringan sangat bagus untuk menjaga aliran darah dan sistem tubuh untuk bekerja. Latihan kardio/jantung juga baik dilakukan saat berpuasa selama Anda tidak berlebihan.
 
Banyak protein dan hindari garam untuk sahur  -  Untuk makan sebelum fajar, para ahli merekomendasikan mengonsumsi makanan yang akan menyediakan tubuh dengan energi yang cukup untuk bertahan selama beberapa jam. Sangat penting untuk fokus pada makanan yang lambat mencerna seperti protein tinggi dan serat tinggi. Beberapa contoh yang bagus dari ini adalah gandum, dan makanan gandum utuh seperti barley/tepung, beras merah, soba dan roti gandum utuh atau pasta.
 
Waktu buka puasa adalah untuk konsumsi air, kurma dan makanan yang seimbang  -  Adalah hal yang tradisional bagi Muslim untuk berbuka puasa dengan pola makan yang memiliki manfaat ilmiah. Makanan kaya energi dengan gula alami adalah cara yang bagus untuk menyediakan energi yang cepat untuk dilepaskan  ke sistem tubuh. Makanan seperti buah mentah, terutama kurma dan bahkan jus buah, sangat cocok untuk ini. Ketika waktunya ke makanan, sangat penting bahwa makanan tersebut terdiri dari keseimbangan karbohidrat berpati baik, seperti kentang, nasi dan roti, bersama dengan asupan sayuran yang baik, protein seperti daging atau ikan, dan susu untuk lemak alami.
 
Terus berenergi tanpa konsumsi air atau makanan ringan - para ahli menyarankan bahwa ada hal-hal kecil yang dapat Anda coba setiap hari untuk membuat Anda tetap waspada dan menjaga energi Anda. Hal-hal seperti istirahat kecil dari revisi, bekerja, pergi untuk berjalan-jalan kecil, serta menulis daftar hal-hal yang harus dilakukan setiap hari, akan anda anggap sulit dan anda berusaha untuk mengatasi ini. Meski berdampak kecil, Anda sebaiknya merencanakan menu makanan untuk memastikan Anda memakan makanan yang tepat untuk mendapatkan tingkat energi yang baik.
 
Sumber: Al-Jazeera
back to top