Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Akhiri perang di Korea, Korut mulai melangkah ke denuklirisasi sepenuhnya.

Korea-KoPi| Pemimpin Korea Utara,  Kim jong un dan Korea Selatan, Moon Jae-in telah berjanji secara resmi mengakhiri Perang Korea tahun 1950-an dan mengejar "denuklirisasi sepenuhnya" atau penghapusan senjata nuklir di semenanjung Korea. Hal tersebut di sampaikan dalam Konfrensi Tingkat Tinggi antar-Korea kemarin Jumat (27/4) waktu Korea.

 

Kedua pemimpin tersebut menandatangani sebuah pernyataan bersama setelah pertemuan bersejarah dimana Kim menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang masuk ke Korea selatan sejak akhir Perang Korea pada tahun 1953. Perundingan perdamaian diadakan di desa Panmunjom disepanjang zona demiliterisasi.

Penandatanganan deklarasi itu dilakukan setelah dua putaran pembicaraan antara para pemimpin, serta upacara penanaman pohon yang melambangkan perdamaian dan kemakmuran di semenanjung Korea.

Dalam pernyataan itu, para pemimpin berjanji untuk menandatangani perjanjian damai akhir tahun ini dan melibatkan Amerika dan berpotensi China pada prosesnya. 

"Saya merasa bahwa kami adalah bagian dari satu keluarga dan kedua negara akan memiliki kebijakan kerja sama baru. Setelah bertahun-tahun sengketa, kami berada di sini hari ini untuk mengatakan bahwa tidak ada yang akan membuat kami berbeda lagi," ujar Kim setelah menandatangani deklarasi, ditulis Sabtu (28/4).

Moon pun memuji pemimpin Korea Utara pada pembekuan program pengujian nuklir negaranya. Ia pun mengatakan hal itu akan menjadi "awal yang berharga" untuk mencapai tujuan denuklirisasi. 

"Kim Jong-un dan saya menyatakan bahwa tidak akan ada perang lagi di Semenanjung Korea dan era baru perdamaian telah dimulai," kata Moon 

Perjanjian gencatan senjata yang menghentikan Perang Korea pada tahun 1953 masih berlaku, tetapi Korea Selatan tidak menandatanganinya. 

 

Kim dan Moon juga berjanji mengejar akhir senjata nuklir di semenanjung Korea, meskipun teks pernyataan itu tidak memasukkan langkah-langkah khusus atau jadwal waktu.

Sebagai bagian dari kesepakatan, kedua negara tersebut mengatakan mereka akan menahan diri dari penggunaan kekuatan dan akan memperdalam hubungan serta bekerja menuju reunifikasi.

Sebuah pos komunikasi akan didirikan di Kaesong, Korea Utara. Siaran Loudspeaker dan distribusi selebaran propaganda akan berakhir pada tanggal 1 Mei. Moon juga direncanakan akan mengunjungi ibukota Korea Utara, Pyongyang, dalam beberapa bulan mendatang.

(Sumber: Al-Jazeera)

 

back to top