Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

‘Your Name’ Anime Romance sekelas dengan Block Buster

‘Your Name’ Anime Romance sekelas dengan Block Buster

‘Your Name’, film animasi dari Negeri Sakura berkelas internasional.Film ini bergenre Supernatural, Drama, Romance yang layak diperhitungkan sebagai salah satu block buster. Sebagai penikmat anime (Animasi Jepang ), saya merasa Film ‘Your Name’ memang pantas masuk ke peringkat wahid seperti yang ditunjukkan pada beberapa situs online seperti https://myanimelist.net/ sebagai film yang rating dan peringkat film ini tidak menunjukkan akan adanya penurunan.

Film besutan Makoto Shinkai ini memang unggul baik dari segi sinematografi dan musik. Musik dari band Jepang RADWIMPS menggiring penonton di awal dan di akhir film membuat aura ‘Romance’ yang ada didalam terangkat. Dan dari segi sinematografi ini , ‘Your name’ tidak kalah saing dengan salah satu film animasi Jepang ‘Spirited away’ yang sampai sekarang dianggap sebagai salah satu film best animation of all time.

Film ini menceritakan dua tokoh utama yang merupakan anak SMA bernama Mitsuha dan Taki yang mengalami kejadian janggal pada diri mereka. Dimana mereka berdua kemudian mencari jawaban kejadian supernatural ini. Di sinilah bumbu romance dan supernatural bermunculan. Saya pribadi bahkan dikejutkan dengan plot yang tak terduga di saat menonton film ini.



‘Your name’ Unggul diberbagai hal, baik segi Plot, Tokoh ,Animasi Setting dan bahkan sinematografi. Plot yang dibangun dalam film ini sangat baik dimana penonton dapat mengikuti setiap alur yang dilalui kedua tokoh. Banyak film di dunia ‘Anime’ yang menggunakan plot yang rumit dan membuat penonton kesulitan memahami jalan cerita film. Untuk penonton yang belum pernah atau jarang menonton ‘anime’, saya rasa film ini dapat dinikmati seperti halnya film-film animasi karya disney seperti ‘Pocahontas’ atau ‘Beauty and The Beast.

Dari segi tokoh, saya merasa mereka (Taki dan Mitsuha) pantas menjadi main hero dan Heroine . Bagaimana Taki dan Mitsuha menanggapi kejadian yang menimpa mereka berdua serta bagaimana mereka menyikapi konflik-konflik dalam diri masing-masing. Memang mayoritas film ini berpusat pada dua tokoh ini, tapi justru itulah yang membuat film ini semakin menarik dan sesuai dengan genre Romance dan Drama nya .

Untuk animasi setting dan sinematografi, penonton akan dimanjakan dengan berbagai scene yang luar biasa indah. Memang, seperti halnya karya Makoto Shinkai lainnya, dimana selalu memberi nilai lebih pada animasi setting dan sinematografi. Dalam karya-karyanya animasi langit digambarkan semirip mungkin dengan langit di dunia nyata. Bahkan menurut saya justru lebih indah dengan perpaduan warna serta efek yang dramatis seperti ketika sebuah gambar komet melintasi diatas Taki dan Mitsuha.

 

Film ‘Your name’ atau judul asalnya ‘Kimi No Nawa’ publish di Jepang pada tanggal 26 Agustus 2016. Tapi film ini baru bisa dinikmati di bioskop Indonesia di penghujung tahun 2016. Dan seperti yang dikabarkan oleh Mikikazu Komatsu pada 06 Desember 2016 di situs http://www.crunchyroll.com/ bahwa penjualan film ini mencapai 20 Juta Yen atau sekitar 3 Miliar rupiah dan ini baru di Jepang saja.

Bagi penonton yang ingin menikmati film animasi ‘romance’ dengan plot yang menarik serta setting animasi yang luar biasa maka ‘Your name’ jawabannya. Satu jam dan empat puluh delapan menit penonton akan terbayarkan dengan senyum dan air mata.| S. Ardie

 

 

back to top