Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Wow ada tanaman tumbuh dari berlian

Wow ada tanaman tumbuh dari berlian
KoPi | Pohon uang mungkin hanya ada di dongeng. Namun pohon yang tumbuh dari berlian, ini betul ada. Ahli geologi dari Florida International University menemukan sebuah pohon yang hanya bisa tumbuh di atas tanah yang mengandung berlian.
 

Pohon jenis Pandanus candelaberum ini hanya bisa ditemukan di hutan di Afrika Barat yang kaya kandungan kimberlite. Kimberlite adalah batu vulkanis yang sebenarnya ada di seluruh dunia. Kandungan berlian biasanya muncul di dalam tanah yang banyak mengandung kimberlite.

Hingga saat ini tidak pernah ada cara pasti untuk mengetahui lokasi tanah yang mengandung deposit berlian. Bisa jadi sebuah tanah yang mengandung berlian hanya berukuran beberapa meter persegi dan berada di tengah hutan lebat.

Profesor Stephen Haggerty menemukan sebuah penemuan mengejutkan di hutan Liberia pada 2010 lalu. Ia telah melakukan penelitian sejak tahun 1970-an di negara yang terkenal sebagai penghasil "blood diamonds" tersebut. 

Haggerty mengatakan setiap hari ia berjalan di hutan lebat di Liberia dan mengambil sampel tanah dengan tongkat besi. Ia akhirnya menemukan "pipa" kimberlite dengan ukuran 500 kali 50 meter. Empat berlian ditemukan dari tempat tersebut, dua di antaranya memiliki ukuran 20 karat.

Namun yang jauh lebih menarik dari penemuan tersebut adalah penemuan Pandanus candelabrum. Tanaman tersebut tumbuh subur di kawasan yang kaya kandungan kimberlite. Haggerty mengatakan ia masih belum mengetahui alasan mengapa tanaman tersebut hanya tumbuh di atas tanah yang mengandung kimberlite. 

Selama ini memang diketahui ada beberapa tanaman yang dimanfaatkan untuk mendeteksi keberadaan logam mulia. Haggerty mengatakan ia berharap dapat melakukan pemetaan melalui citra satelit untuk mengetahui jalur pipa kimberlite di Liberia.

Meski demikian, tidak semua tanah dengan kimberlite mengandung berlian. Bahkan hanya 1 % saja pipa kimberlite di seluruh dunia yang mengandung berlian dengan kualitas yang layak digali.

Jika pemetaan tersebut berjalan sesuai rencana, diharapkan dapat membuka jalan baru dalam eksplorasi berlian di Liberia. Haggert berharap pemetaan itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi tanpa membahayakan lingkungan. | The Huffington Post

back to top