Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Wow ada tanaman tumbuh dari berlian

Wow ada tanaman tumbuh dari berlian
KoPi | Pohon uang mungkin hanya ada di dongeng. Namun pohon yang tumbuh dari berlian, ini betul ada. Ahli geologi dari Florida International University menemukan sebuah pohon yang hanya bisa tumbuh di atas tanah yang mengandung berlian.
 

Pohon jenis Pandanus candelaberum ini hanya bisa ditemukan di hutan di Afrika Barat yang kaya kandungan kimberlite. Kimberlite adalah batu vulkanis yang sebenarnya ada di seluruh dunia. Kandungan berlian biasanya muncul di dalam tanah yang banyak mengandung kimberlite.

Hingga saat ini tidak pernah ada cara pasti untuk mengetahui lokasi tanah yang mengandung deposit berlian. Bisa jadi sebuah tanah yang mengandung berlian hanya berukuran beberapa meter persegi dan berada di tengah hutan lebat.

Profesor Stephen Haggerty menemukan sebuah penemuan mengejutkan di hutan Liberia pada 2010 lalu. Ia telah melakukan penelitian sejak tahun 1970-an di negara yang terkenal sebagai penghasil "blood diamonds" tersebut. 

Haggerty mengatakan setiap hari ia berjalan di hutan lebat di Liberia dan mengambil sampel tanah dengan tongkat besi. Ia akhirnya menemukan "pipa" kimberlite dengan ukuran 500 kali 50 meter. Empat berlian ditemukan dari tempat tersebut, dua di antaranya memiliki ukuran 20 karat.

Namun yang jauh lebih menarik dari penemuan tersebut adalah penemuan Pandanus candelabrum. Tanaman tersebut tumbuh subur di kawasan yang kaya kandungan kimberlite. Haggerty mengatakan ia masih belum mengetahui alasan mengapa tanaman tersebut hanya tumbuh di atas tanah yang mengandung kimberlite. 

Selama ini memang diketahui ada beberapa tanaman yang dimanfaatkan untuk mendeteksi keberadaan logam mulia. Haggerty mengatakan ia berharap dapat melakukan pemetaan melalui citra satelit untuk mengetahui jalur pipa kimberlite di Liberia.

Meski demikian, tidak semua tanah dengan kimberlite mengandung berlian. Bahkan hanya 1 % saja pipa kimberlite di seluruh dunia yang mengandung berlian dengan kualitas yang layak digali.

Jika pemetaan tersebut berjalan sesuai rencana, diharapkan dapat membuka jalan baru dalam eksplorasi berlian di Liberia. Haggert berharap pemetaan itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi tanpa membahayakan lingkungan. | The Huffington Post

back to top