Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Wagub Ingatkan “Hubbul Wathan Minal Iman” pada Ribuan Santri dan Syekhermania

Wagub Ingatkan “Hubbul Wathan Minal Iman” pada Ribuan Santri dan Syekhermania

Nganjuk-KoPi| Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf mengingatkan motto “hubbul wathan minal iman” yang artinya “cinta tanah air sebagian dari iman” kepada ribuan santri dan syekhermania. Motto tersebut mengajak umat untuk meningkatkan rasa memliki, berjuang demi kemerdekaan, dan mencintai tanah air kita.

“Dulu sebagian orang menganggap motto itu hadist, padahal itu motto dari para kiai dan ulama agar kita cinta tanah air” kata Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim saat menghadiri sholawat bersama Habib Syekh Bin Abdul Qadir Asseggaf.di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Sulaimaniyah Kabupaten Nganjuk, Jumat (30/9) malam.

Gus Ipul mengatakan, pentingnya rasa cinta terhadap tanah air karena dengan adanya tanah air, umat bisa menjalankan aktivitas kehidupan dengan tenang, seperti beribadah dengan khusyuk, menuntut ilmu dengan bersekolah, dan mencari rejeki di jalan Allah SWT.

“Orang punya akidah tetapi jika tidak punya negara, tentu tidak akan bisa beribadah. Orang punya ilmu tapi jika tidak punya negara, tentu tidak bisa bekerja. Karena itu, mari bersyukur bahwa kita punya tanah air, Indonesia. Merdeka!!” seru Gus Ipul yang kemudian menyanyikan lagu “Hari Merdeka” dan diikuti ribuan santri serta syekhermania.

Bersholawat Ajak Umat Cinta Tanah Air

Gus Ipul menambahkan, salah satu upaya untuk dapat meningkatkan rasa cinta tanah air adalah dengan hadir di majlis bersholawat, pasalnya, syair-syair dalam qasidah yang dilantunkan dalam sholawatan mampu menggugah kita untuk semakin bangga dan membangkitkan rasa memiliki terhadap bumi pertiwi.

“Sholawatan seperti inilah yang sesungguhnya ikut menjaga keutuhan Indonesia. Habib Syekh lewat qasidah-qasidahnya, seperti “Cinta Indonesia Cinta NKRI”, mampu menggugah semangat nasionalisme. Dan dimanapun dilaksanakan, sholawatan Habib Syekh selalu diakhiri dengan lagu Indonesia Raya“ tambahnya.

Menurut Gus Ipul, dengan hadir di majelis bersholawat, kita akan diajak kiai untuk dekat dan mencintai Allah SWT, Rasulullah SAW, serta tanah air. Dengan begitu, diharapkan pertolongan dari Allah SWT akan datang baik di dunia dan akherat. “Majelis bersholawat jadi modal dan kekuatan kita dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa” katanya.

Habib Syekh : Gus Ipul Rajin Sholawatan

Sementara itu, Habib Syekh Bin Abdul Qadir Asseggaf mengatakan, Gus Ipul sangat rajin hadir dalam acara sholawatan. “Sejak pertama saya menggelar sholawatan di Jatim, Gus Ipul selalu hadir. Bulan ini, saya 15 hari keliling Jatim untuk bersholawat, dan beliau selalu hadir” katanya.

Habib Syekh berharap dengan adanya majlis bersholawat akan menjaga Jatim tetap aman, nyaman dan kondusif, serta masyarakatnya menjadi sholeh dan sholehah, sehingga dapat menjalani hidup dengan barokah dan sesuai dengan perintahNya.

Hadir dalam kesempatan itu, syekhermania dari berbagai penjuru di Jatim, diantaranya syekhermania Surabaya, Blitar, Sidoarjo, Lamongan, Ngawi dan Nganjuk. Syekhermania sendiri adalah sebuah komunitas atau kumpulan/jamaah pecinta sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. (humasjatim:adit)

back to top