Menu
Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Senyawa Atasi Limbah Tambang

Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Sen…

Sleman-KoPi| Tim mahasisw...

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Prev Next

Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Sirtuin

Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Sirtuin

Sebuah penelitian menemukan pola diet baru yang sangat efektif: Senyawa kimia pada makanan tidak hanya membantu menurunkan berat badan tapi Juga Meningkatkan memori dan membantu melawan sel kanker.


KoPi | Diet dengan jenis makanan yang tepat dengan signifikan membantu menurunkan berat badan. Makanan yang secara alami kaya akan senyawa kimia diyakini para ahli sangat penting untuk membakar lemak, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan kesehatan.

Zat kimia ini diduga langsung mempengaruhi sekelompok susunan gen dalam tubuh yang disebut sirtuins. Gen-gen ini mengontrol cara tubuh kita menangani lemak dan gula. Gen sitruin berraksi ketika kita merasa sedikit stres.
Mengurangi kalori selama satu hingga dua hari dapat memacu gen tersebut, hal ini membantu menjelaskan mengapa diet 2:5 ( mengurangi asupan makanan selama dua hari dalam seminggu kemudian makan dengan porsi normal selama lima hari dalam seminggu) dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, stres fisik karena berolahraga juga dapat memicu gen sirtuins.

Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa senyawa kimia ampuh yang dikenal sebagai aktivator sirtuins, ditemukan secara alami pada buah-buahan dan sayuran. Makanan yang mengandung senyawa kimia tinggi dikenal sebagai ‘sirtfoods’. Makanan-makanan yang mengandung sirtfoods antara lain buah zaitun dan minyak zaitun murni, bawang, kale (kangkung), peterseli, Loveage (termasuk keluarga peterseli), Blackcurrant, sup miso, Tofu, dan produk kedelai lainnya, Capers, kakao, dan green tea.

Dengan menggunakan beberapa bahan makanan tersebut sebagai menu utama, membuat efek turbo-charging dalam mengurangi kalori.

Telah ditemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa aktivator sirtuins memiliki berbagai manfaat kesehatan, membentuk otot dan menekan nafsu makan, termasuk juga meningkatkan kemampuan memori, membantu mengontrol kadar gula darah tubuh dengan lebih baik, dan membersihkan kerusakan dari molekul radikal bebas yang dapat terakumulasi dalam sel dan menyebabkan kanker maupun penyakit lainnya. 

Dikutip dari situs dailymail, Profesor Frank Hu, seorang ahli gizi dan epidemiologi di Universitas Harvard mengatakan dalam sebuah jurnal Advances In Nutrition bahwa pengamatan substansial membuktikan adanya efek menguntungkan dari asupan makanan dan minuman yang kaya aktivator sirtuin dalam menurunkan risiko penyakit kronis.

Meskipun aktivator sirtuin ditemukan hampir pada semua kingdom tanaman,  hanya buah-buahan dan sayuran tertentu yang memiliki jumlah cukup besar untuk dikelompokkan sebagai sirtfoods, termasuk teh hijau, bubuk kokoa, bumbu kunyit india, kale, bawang, dan peterseli. Banyak buah dan sayuran yang tersedia di supermarket seperti tomat, alpukat, pisang, selada, kiwi, wortel, dan mentimun, sebenernya hanya mengandung sedikit aktivator sirtuin, meskipun memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Kelebihan diet yang dikemas dengan sirtfoods adalah karena diet ini jauh lebih fleksibel daripada diet lainnya, dengan memakan makanan sehat yang ditambahkan beberapa sirtfood atau bisa juga dilakukan bersama diet 2:5.

Aktivator sirtuin termasuk hal baru dalam ilmu gizi. Aktivator sirtuins yang pertama diidentifikasi dan masih dikenal dengan baik adalah resveratrol, yang ditemukan dalam kulit anggur merah (yang kemudian menjelaskan mengapa kulit anggur merah dikatakan dapat menjaga kesehatan) , buah delima, dam Knotweed Jepang. Aktivator sirtuin lainnya yang kemudian ditemukan adalah catechin yang ditemukan dalam teh hijau yang dapat membantu melawan sel-sel kanker, dan epitacatechins dalam bubuk kako yang bermanfaat bagi kesehatan pada dark chocolate.

Pada tahun 2012, Aidan Goggins seorang farmakolog yang mengkhususkan diri pada kedokteran gizi di Universitas Surrey dan Glen Matten yang bergelar master dalam kedokteran gizi melakukan penelitian yang menemukan bahwa jutaan orang telah mengkonsumsi pil vitamin yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan dalam beberapa kasus menjadi kurang sehat karena dosis yang diberikan jauh lebih tinggi dari nutrisi yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi.

Baru-baru ini, Goggins dan Matten telah meneliti manfaat sirtfoods dan percaya bahwa sirtfoods memegang peranan penting dalam pendekatan baru yang radikal untuk menurunkan berat badan dan pola makan sehat.

Dikutip dari situs dailymail, mereka mengatakan bahwa mereka menyadari sirtfood memiliki manfaat yang sama dalam menurunkan berat badan dengan pembatasan kalori dan olahraga. “Ini berarti bahwa Diet tinggi sirtfood akan membutuhkan pembatasan kalori lebih sedikit untuk menurunkan berat badan dan juga dapat membantu membentuk otot.”

Stirfood menawarkan jalan keluar bagi perangkap kontrol kalori, di mana semua tumpukan berat badan kembali pada saat kembali makan normal.

Gen sirtuin yang telah aktif akan mendorong tubuh untuk membakar lemak danmenggunakan kelebihan glukosa untuk kekuatan otot daripada menggunakannya sebagai cadangan lemak, menurut sebuah studi oleh ahli fisiologi di York University di Toronto yang diterbitkan dalam Exercise and Sports Sciences Review pada 2013.

Sama baiknya dengan mengurangi lemak dan membentuk otot, diet aktivator sirtuin juga mengurangi kadar gula dan kadar lemak dalam darah, juga meningkatkan daya ingat. |Diaz Septriana|

back to top