Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Trik agar tetap sehat di tempat kerja

Trik agar tetap sehat di tempat kerja
KoPi | Kesibukan bekerja sering menjadi alasan mengapa orang gampang sakit. Padahal ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan agar tetap sehat sambil tetap menjaga produktivitas. Jadi meskipun Anda terkurung di kubikel atau tetap berada di depan layar monitor, Anda tetap bisa menjauh dari penyakit. Berikut beberapa tipsnya.
 

Sering cuci tangan

Mencuci tangan merupakan langkah pertama dalam mencegah penyakit. Seperti yang dikatakan iklan, banyak orang yang tidak mencuci tangan mereka dengan benar. Cuci tangan Anda sebelum makan, setelah keluar dari kamar kecil, dan setelah batuk atau bersin. 

Jaga kebersihan meja

Tahukah Anda bahwa meja kerja Anda memiliki lebih banyak kuman dibanding toilet duduk? Jaga kebersihan dan kerapian meja kerja Anda. Setelah selesai jam kerja, sempatkan waktu 5 menit untuk merapikan meja. Siapkan tisu basah anti-kuman di meja Anda dan sering bersihkan permukaan meja dengan dengan tisu tersebut.

Minum banyak air

Menjaga agar diri tidak dehidrasi penting bagi produktivitas, energi, dan kesehatan secara keseluruhan. Air putih membuat tubuh selalu awas dan segar, serta medorong pemikiran yang jernih. Bawa botol air minum ukuran besar sendiri yang bisa diisi ulang dan selalu letakkan di samping meja kerja Anda.

Siapkan hand sanitizer

Sering mencuci tangan memang baik. Namun ada kalanya kita tidak bisa meninggalkan meja kita hanya untuk ke keran cuci tangan karena kesibukan pekerjaan. Karena itu siapkan sabun hand sanitizer di meja Anda jika sewaktu-waktu Anda batuk atau bersin.

Hindari rekan kerja yang sakit

Jika ada rekan kerja yang sedang tidak enak badan, batasi berinteraksi dengannya. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah berinteraksi dengan kawan yang jelas-jelas terkena flu.

Makan makanan sehat saat makan siang

Makan siang penting untuk mengisi energi saat bekerja. Membawa bekal sendiri menjadi pilihan terbaik dibandingkan makan di luar. Selain lebih higienis, Anda juga bisa menentukan sendiri menu serta kandungan gizinya. Akan lebih baik jika Anda merencanakan makan siang selama seminggu. Jangan lupa kombinasikan protein, sayuran, dan buah-buahan.

Istirahat sejenak untuk mencari udara segar dan sinar matahari

Terlalu lama berada di dalam ruangan tentu tidak baik untuk tubuh. Keluar sejenak di bawah sinar matahari untuk mendapat asupan vitamin D dari matahari. Ambil waktu beberapa menit di sela kesibukan. Selain bermanfaat untuk tubuh, kegiatan ini juga bisa meredakan stress setelah seharian di dalam ruangan yang sibuk.

Makan cemilan sehat

Selain makan siang yang sehat, siapkan juga cemilan untuk antisipasi jika lapar menyerang. Mengisi perut di antara jam makan siang bisa membuat gula darah turun. Makan cemilan ringan yang menyehatkan seperti buah-buahan atau yoghurt setiap 2 atau 3 jam untuk menjaga energi Anda tetap penuh.

Batasi kafein

Kopi tentu membuat kita tetap segar selama bekerja. Namun tetap batasi asupannya. Batasi kopi hingga 1 cangkir setiap pagi.

Atur manajemen stress

Pola kerja yang sibuk dan sangat cepat sering memicu stress. Untuk tetap dapat bekerja secara efektif dan sehat atur tingkat stress Anda. Melakukan hobi dan menghabiskan waktu bersama keluarga di saat akhir pekan dapat membuat Anda tetap segar sepanjang minggu.

 

back to top