Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

Tips mengatasi rasa kantuk

(Foto: www.minho.jp) (Foto: www.minho.jp)
KoPi| Rasa kantuk adalah wajar karena kantuk adalah tanda agar kita beristirahat. Menghadapi kantuk kemudian langsung bisa tidur dengan pulas itu nikmat. Namun, bagaimana jika kita mengantuk pada saat sedang bekerja atau belajar atau sedang mengendarai kendaraan? Biasanya dengan minum kopi, orang bisa tidak mengantuk lagi karena ada kandungan cafein dalam kopi tersebut. Sayangnya tidak semua orang bisa minum kopi karena maag, misalnya.
 
Berikut 8 tips untuk menghadapi rasa kantuk.
 
1. Mencuci muka atau mandi dengan air dingin. Jika Anda bekerja atau melakukan kegiatan di rumah dan mengantuk, mencuci muka atau mandilah dengan air dingin. Namun, hindari mandi di malam hari. 
 
2. Untuk Anda yang mengantuk di tempat kerja pada siang hari, tidur siang bisa jadi merupakan solusi yang tepat. Tidur siang yang dilakukan sebaiknya hanya 15-30 menit saja. Lakukan idealnya saat waktu istirahat kantor. Kebiasaan tidur siang oleh para pekerja kantoran di Vietnam sudah merupakan hal wajar. Tidur di meja kerja bukanlah ide yang baik! Coba cari tempat tenang (misalnya pinggir taman, gudang kantor yang bersih) untuk melepaskan kantuk. Jika memang tidak bisa tidur siang, Anda bisa mencoba beristirahat dengan tenang selama 10 menit sambil menutup mata.
 
3. Perhatikan posisi duduk Anda agar selalu tegak. Posisi duduk yang tegak dapat membantu untuk memperlancar peredaran darah Anda hingga ke otak. Saat posisi duduk tegak, pembuluh darah utama mendula oblongata bisa terbuka lebar seperti selang yang bulat. Sebaliknya, duduk terlalu menyandar atau menunduk bisa membuat saluran pembuluh darah terpencet sehingga peredaran darah terhambat.
 
4. Minum segelas air mineral segar. Kesegaran air mineral yang masuk ke dalam tubuh mampu menyegarkan tubuh sehingga rasa kantuk bisa terkurangi atau bahkan hilang.
 
5. Memutar dan mendengarkan musik favorit juga dapat mempengaruhi suasana hati agar tetap bersemangat. 
 
6. Makan makanan ringan untuk mengalihkan perhatian dari rasa kantuk. Bagaimanapun jangan terlalu kenyang karena biasanya jika terlalu kenyang bawaannya malah bisa lebih mengantuk.
 
7. Olahraga ringan juga bisa menghilangkan rasa kantuk secara alami. Dengan seperti sit up, push up, atau sedikit melakukan lompatan, naik-turun tangga beberapa kali dengan ritme langkah dipercepat terbukti efektif untuk meningkatkan kembali kecepatan jantung Anda dalam memompa darah sehingga oksigen bisa masuk ke otak secara penuh. 
 
8. Tarik nafas dalam-dalam dan tahan sekitar 5 detik kemudian hembuskan selama 5 detik. Lakukan hal ini beberapa kali sampai membuat Anda merasa segar kembali. Menurut penelitian, ketika Anda menguap yang juga bisa menjadi indikasi Anda mengantuk, kadar oksigen dalam otak Anda sedang berkurang. 
 
Silakan mencoba! |UR Sari|
back to top