Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Tingkat penggangguran terbuka di DIY mengalami peningkatan.

Jogja-KoPi| Badan Pusat Statistik (BPS) DIY melihat tingkat pengangguran terbuka (TPT) di daerah istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami peningkatan. BPS pun menghitung TPT DIY pada Februari 2018 sebesar 3,06%. Angka ini naik beberapa persen dibanding tahun sebelumnya.
 
"Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) D.I Yogyakarta pada Februari 2018 sebesar 3,06 persen, mengalami peningkatan 0,22 persen poin dibanding TPT Februari 2017 sebesar 2,84 persen," tulis BPS dalam rilis resminya, ditulis Selasa (8/5). 
 
Meski demikian, BPS mengungkapkan Angka TPT D.I Yogyakarta pada Februari 2018 ini lebih rendah dibanding TPT Nasional. TPT nasional pada bulan Februari lalu. sebesar 5,13 persen.
 
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) ini adalah indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat penawaran tenaga kerja yang tidak digunakan atau tidak terserap oleh pasar kerja.
BPS pun juga menghitung penduduk yang sudah bekerja di Yogyakarta pada Februari 2018 mencapai 2,076 juta orang. Sementara angkatan kerja atau penduduk yang sudah produktif untuk bekerja di D.I Yogyakarta pada Februari 2018 sebanyak 2,142 juta orang.
 
BPS pun juga melihat tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) di Yogyakarta pada Februari 2018 sebesar 72,21%.TPAK sebagai indikator ketenagakerjaan memberikan gambaran tentang penduduk yang aktif secara ekonomi dalam kegiatan sehari-hari dan merujuk pada suatu waktu dalam periode survei.TPAK sendiri merupakan perbandingan antara penduduk angkatan kerja dengan penduduk usia kerja. 
 
 "Hasil Sakernas Februari 2018 di D.I Yogyakarta menunjukan TPAK sebesar 72,21 persen, mengalami peningkatan jika dibandingkan keadaan Februari 2017 sebesar 72,00 persen atau selama kurun waktu satu tahun naik 0,21 persen poin," terang BPS.
 
Selama setahun terakhir, sektor-sektor yang mengalami peningkatan persentase penduduk pekerja adalah sektor industri pengolahan (3,19%), sektor perdagangan, hotel dan restoran (0,12%), sektor pengangkutan dan komunikasi (1,72%), serta sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan (0,88%).
 
Sementara sektor yang mengalami penurunan yaitu sektor pertanian (2,28%), sektor konstruksi (1,14%), sektor jasa-jasa (2,76%), dan sektor lainnya (0,27%).
 
BPS pun juga mengimbuhkan, berbagai kebijakan telah dibuat pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja. Namun, tampaknya kebijakan-kebijakan ini masih cukup berat untuk menekan tingkat laju pengangguran.
 
 "Hal ini ditunjukkan oleh TPT yang bergerak naik dari 2,84 persen pada Februari 2017 menjadi 3,06 persen pada Februari 2018,"pungkas BPS.

 

back to top