Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

TARUNA - TARUNI TINGKAT II MELAKSANAKAN LATIHAN PRAMUKA YUDHA

DSC 0041

AKADEMI MILITER – KoPi|  Wakil Gubernur Akademi Milter, Brigadir Jenderal TNI Wirana Prasetya Budi, S.E. Menerima laporan kesiapan latihan Pramuka Yudha yang melibatkan 251 orang Taruna Tingkat II (Sersan Taruna) yang terdiri dari 231 Taruna dan 20 Taruni, Pelaksanaannya mulai tanggal 21 Pebruari sampai dengan 2 Maret 2018 yang menggunakan medan latihan di Propinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Temanggung, Semarang, Kendal, dan Batang.

Latihan ini bertujuan untuk melatih Taruna Akmil tingkat II (Sersan Taruna) dalam mengaplikasikan pengetahuan taktis (terbatas), teknik tempur dan jasmani militer yang telah diterima dalam teori dan latihan sebelumnya diberbagai medan,serta melatih kemampuan dan keterampilan teknis keprajuritan perorangan lanjutan sehingga dapat mengatasi dan melintasi rintangan medan baik alam maupun rintangan buatan.

Sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan latihan ini yaitu agar Sersan Taruna mampu menerapkan disiplin lapangan, naluri tempur, loyalitas, dan kerjasama dalam menghadapi dinamika persoalan di lapangan. Disamping itu Akademi Militer juga mengharapkan para Sersan Taruna mampu bernavigasi di darat dan menembak pistol maupun senapan laras panjang. Selasa (20/02).

Ketahanan fisik dan mental para Taruna teruji dalam latihan ini. Dimana Taruna diupayakan dalam menerapkan taktik (terbatas) dan teknik bertempur berpacu pada prinsip realitas yaitu dikondisikan pada suasana tempur. Dengan latihan ini pula diharapkan akan menembah rasa kepercayaan diri serta naluri lapangan.

Adapun materi taktik dan teknik bertempur yang diaplikasikan dalam latihan ini ialah patroli penyergapan, pancang kaki pantai (PKP) regu dan peleton (siang dan malam ), menembak, pengetahuan medan, prosedur pimpinan pasukan dan gerakan perorangan. Jasmani meliputi naik/turun tebing, meluncur, tidur ngalong, membuat para-para, kemampuan mars, teknik LCR dan mendayung, RF pantai, survival, ketahanan laut serta renang ponco. Sedangkan naluri lapangan yang diujikan ialah disiplin, kejuangan, semangat kepemimpinan lapangan, pengendalian diri dan loyalitas.

Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil, Kolonel Inf Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar, selaku komandan latihan menegaskan bahwa “ latihan pramuka yudha ini memiliki peran yang sangat strategis dalam menentukan proses pembentukan Taruna-Taruni menjadi seorang perwira yang tanggap, tanggon dan trengginas ”. Tegasnya.

Sedangkan Komandan Satuan Latihan Pramuka Yudha dijabat oleh Komandan Batalyon (Danyon) Dewasa Mayor Inf G. Muhammad Ginanjar, yang akan bergabung dengan para pengasuh dan pelatih dilapangan dan dimedan latihan mendampingi para Taruna maupun Taruni dalam melaksanakan latihan ini.

Turut hadir pada acara laporan kesiapan latihan Pramuka Yudha, Inspektorat Akmil, Para pejabat Direktur Akmil, para Kepala Bagian Pelaksana Akmil serta perwakilan pelatih dan pengasuh Resimen Taruna Akmil.

back to top