Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Taruna/Taruni AKMIL Terima Kuliah Umum Dari Danjen Akademi TNI

Taruna/Taruni AKMIL Terima Kuliah Umum Dari Danjen Akademi TNI

Kota Magelang-KoPi| Taruna / Taruni Akademi Militer Tingkat III dan IV menerima kuliah umum dari Komandan Jenderal Akademi TNI Mayor Jenderal TNI H. Harry Purdiyanto, S.IP., M.Sc. di gedung Sumartal Akmil. Dalam acara kuliah umum tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Akmil Brigadir Jenderal Sudirman, SH. dan Para pejabat Distribusi Akademi Militer.

Sebelum acara pembukaan pendidikan Integratif Taruna Candradimuka Akademi TNI pada tanggal 4 Agustus 2015, Komandan Jenderal Akademi TNI menyempatkan diri untuk memberikan kuliah umum kepada Taruna /Taruni Tingkat III dan IV Akademi Militer dengan tema “Membangun Karakter Untuk Menjadi Diri Sendiri”.

Dalam ceramahnya, Danjen Akademi TNI menekankan kepada para Taruna /Taruni tentang bagaimana Taruna menunjukkan sikap yang sangat berani dan penuh percaya diri serta kemandirian yang kuat mempunyai sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang luhur sehingga tampak membedakan seseorang yang berkarakter dengan yang lain.

Danjen Akademi TNI juga menyampaikan bahwa ciri-ciri Prajurit yang memiliki karakter yaitu, memiliki pribadi yang matang serta berorientasi pada proses bukan pada hasil semata, artinya meyakini bahwa bila dalam melaksanakan suatu tugas sesuai dengan tahapan yang benar dengan cara sebaik-baiknya, maka hasil yang akan diperoleh pasti akan baik pula, tidak tergiur untuk memperoleh hasil yang banyak dengan cara yang cepat dan tergesa-gesa.

Membangun karakter bukanlah sesuatu yang taken for granted melainkan harus dibangun melalui sebuah proses perjalanan hidup yang berliku, keras dan panjang sebagaimana beliau kutip dari amanat Panglima Besar Jenderal Sudirman ”Meskipun Kamu Mendapatkan Latihan Jasmani Yang Sehebat-Hebatnya, Tidak Akan Berguna Jika Kamu Mempunyai Sifat Menyerah!”, artinya adalah kepandaian yang bagaimanapun tingginya tidak akan berguna jika orang itu mempunyai sifat menyerah.

Sedangkan untuk menjadi diri sendiri bukan berarti kita dapat berbuat, bertingkah laku, bersikap dan berucap sesuai dengan keinginan hati tanpa mempedulikan norma dan aturan yang ada tetapi mereka yang memiliki kesetiaan yang diwujudkan dengan loyalitas yang merupakan ekspresi sikap mental yang harus dimiliki oleh seluruh perwira, yang ditopang oleh rasa hormat, rasa cinta maupun rasa percaya akan kebenaran, keadilan dan kejujuran.

Menepati janji yaitu suatu sikap hidup yang senantiasa bersedia atau dengan sadar diri untuk tetap mengikuti tuntunan, bimbingan atau ajaran yang telah digariskan. Sekaligus sebagai sikap kesediaan diri untuk selalu berupaya memenuhi panggilan atau tuntutan dari pihak atau hal-hal tertentu sesuai dengan tugas dan kewajibannya sebagai prajurit sejati.|Siaran Pers

back to top