Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Tanda Tanya PT Adiperkasa, Perusahaan Mobil Nasional Hendropriyono

Tanda Tanya PT Adiperkasa, Perusahaan Mobil Nasional Hendropriyono
KoPi| Nama A.M. Hendropriyono mendadak menjadi pembicaraan di kalangan dunia otomotif Indonesia. Pasalnya, perusahaan milik mantan Kepala Badan Intelijen Negara tersebut, PT Adiperkasa Citra Lestari, menandatangani kerjasama dengan Proton Holdings Bhd, Malaysia, dalam pengembangan mobil nasional.
 

Masyarakat pun bertanya-tanya, perusahaan apakah PT Adiperkasa tersebut? Kalangan pengusaha otomotif pun mengerutkan kening ketika mendengar nama perusahaan tersebut. Sepak terjang perusahaan itu belum pernah didengar. PT Adiperkasa sendiri tercatat berdiri pada tahun 2012.

Meski demikian, Hendropriyono mengaku ia sejak lama memiliki visi untuk membangun pabrik mobil asli buatan Indonesia. Ia sempat menyebutkan bahwa ia sudah memiliki cita-cita tersebut sejak memegang jabatan sebagai presiden komisaris pabrikan mobil asal KIA, yaitu pada tahun 1999.

Hendropriyono tetap bersikukuh menolak penyebutan kerjasama dengan Proton tersebut sebagai cikal bakal mobil nasional. Menurutnya, kerjasama dengan Proton tersebut adalah untuk pendirian pabrik mobil milik bangsa Indonesia, bukan pabrik mobil negara.

Jejak bisnis Hendropriyono sendiri sudah terlihat sejak tahun 2001. Kala itu ia mendirikan Hendropriyono dan Law Office. Perusahaan tersebut kemudian berganti nama menjadi Hendropriyono Corporation Indonesia. Kini Hendropriyono Corporation memiliki berbagai anak usaha yang bergerak di bidang pertambangan, properti, konstruksi, perkapalan, perikanan, dan permodalan. Selain itu, Hendropriyono juga memegang posisi penting di berbagai perusahaan di Indonesia, seperti Blitzmegaplex, Carrefour Indonesia, dan KIA Mobil Indonesia.

Nama Hendropriyono sendiri sempat jadi kontroversi saat masuk dalam bursa kabinet Jokowi. Mantan Menteri Transmigrasi dan Perambahan Hutan era Soeharto tersebut sempat diperkirakan akan masuk ke salah satu posisi menteri. Selain itu ia juga sempat ditawari jabatan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden, namun menolak tawaran tersebut. Publik menilai rekam jejak Hendropriyono tidak bagus dan diduga terlibat berbagai kasus HAM, seperti kematian Munir, Timor Timur, dan tragedi Talangsari.

Meski akhirnya tidak masuk ke posisi manapun, Hendropriyono masih termasuk dalam lingkar istana dan sering terlihat mengunjungi Jokowi. Salah satu yang menjadi sorotan adalah ketika menantu Hendropriyono, Andika Perkasa, ditunjuk sebagai komandan Paspampres Jokowi. Penunjukan tersebut dianggap sebagai lompatan karir yang terlalu cepat bagi lulusan Akademi Militer angkatan 1987 itu.

back to top