Menu
Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Prev Next

Suka menggunakan produk kosmetik, ini akibatnya yang bikin merinding

Suka menggunakan produk kosmetik, ini akibatnya yang bikin merinding
Dewi Sheila (32) tiga tahun lalu adalah seorang perempuan berwajah bersih dan segar alami. Keinginannya mendapatkan kulit wajah yang lebih putih mendorongnya pada penggunaan kosmetika khusus pemutih wajah. Ia memperolehnya dari MLM (multi level marketing).

Selama tiga bulan wajahnya menjadi lebih putih. Akan tetapi ia hanya bisa menikmati selama empat bulan. Sebab kulit wajahnya mulai mendapatkan noda-noda merah kehitaman dan rasanya panas. Sampai saat ini wajah Dewi masih memiliki noda tersebut, dan kulit wajahnya tidak segar. 

Apa yang dialami oleh Dewi juga banyak terjadi pada perempuan dan laki-laki yang memburu wajah bisa lebih putih merona. Fenomena peningkatnya pendapatan mempengaruhi tingkat minat masyarakat terhadap kesehatan dan kecantikan kulit. Mereka mau membelanjakan uangnya untuk obat-obatan dan kosmetika dengan harga fantastis.

Saat ini semakin banyak dijual produk-produk kecantikan baik dikeluarkan lewat perusahaan MLM maupun perorangan yang dipasarkan sebagai produk racikan dokter. Tanpa konsultasi sesuai kulit waah diperjualbelikan secara bebas. Produk tersebut beredar luas. Berangkat dari kasus Dewi, sesungguhnya masyarakat harus waspada dengan memperhatikan kandungan produk kosmetika.

Baru-baru ini pemerintah menemukan produk yang beredar tersebut mengandung bahan-bahan pemutih berbahaya diantaranya adalah merkuri. Zat ini awalnya memberi dampak kulit cepat putih (pucat) namun jangka panjangnya berbahaya pada kulit dan tubuh.  Selain itu ada hidroquinon dan tretinoin dengan dosis yang seringkali tidak dalam pengawasan dokter sehingga berakita buruk pada kulit.

Dokter Irmadita Citrashanty, spesialis kulit, dari surabaya-skincentre.com menjelaskan bahwa zat merkuri pada kosmetik akan membawa dampak berbahaya pada tubuh maupun kulit seperti neurotoxic (pusing-pusing, mual, pelupa), eritema (bercak kemerahan), iritasi kulit (pengelupasan kulit terus menerus) hingga ke tahap yg membahayakan yaitu nefrotoxic (gagal ginjal).

Ada pula produk -produk yang mungkin dipublikasikan sebagai suplement kesehatan namun sebenarnya hanya merupakan prekursor dari antioksidan. Produk spray yang beredar apakah benar-benar berdampak sesuai promo harus mendapatkan perhatian ekstra hati-hati. Hal ini masyarakat harus jeli sehingga tdk termakan oleh promo. Bagaimana produk itu bekerja dalam tubuh.

Cantik dan sehat merupakan dambaan setiap insan. Akan tetapi proses merawat dan mencapainya perlu tindakan teliti dengan cara mengetahui apakah produk tersebut aman dan sehat. Dokter  Dita, sapaan akrab dokter yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Univeritas Airlangga ini, merekomendasi bahan pencerah kulit yang aman dengan kandungan AHA (alpha hidroxy acid), arbutin, vitamin C, gluthation yang bekerja menekan pembentukan melanin. Sedangkan mouisturizer yang aman mengandung argilerin, aloe vera, vitamin E, bahan yang kaya antioksidan dan mineral.

Penting baca juga:

Catatan inspiratif

Ini akibat-akibat komedo

Kulit menua dini, berikut penanganannya

Bibir kering dan cara penanganannya

Cara menangani jerawat yang benar

Mengembalikan warna kulit alami

Mengatasi wajah mengering

TERPOPULER

back to top