Menu
UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Pemerintah Bantul Siap Dukung Kontes Robot Indonesia di UMY

Pemerintah Bantul Siap Dukung Konte…

Sleman-KoPi| Menjelang pe...

Tahun Politik, Akun Buzzer di Media Sosial Bermunculan

Tahun Politik, Akun Buzzer di Media…

Sleman-KoPi| Menjelang pi...

Prev Next

SPBU kekurangan stok BBM, bensin eceran menjamur

SPBU kekurangan stok BBM, bensin eceran menjamur

Sumatra Selatan-KoPi- Pada hari Kamis tanggal 26 Juni 2014. Sudah hampir satu pekan terakhir ini, Bahan Bakar Minyak (BBM) terutama jenis premium sulit didapatkan di sejumlah SPBU di Kota Pagaralam. Antrean panjang kendaraan diSPBU seperti di SPBU Karag Dalo dan SPBU Simpang Manna selalu saja terjadi. Bahkan antrean mengular ke badan jalan sehingga berdampak pada terjadinya kemacetan.

Anehnya saat BBM di SPBU habis, pedagang BBM eceran yang ada di sekitar SPBU malah terus menjamur. Berdrum-drum para pedagang eceran BBM menjual minyak kepada masyarakat. Kondisi tersebut mulai membuat warga resah. Pasalnya habis BBM SPBU memaksa warga harus membeli minyak di eceran dengan harga tinggi. 

Di lapangan belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya antrean BBM tersebut. Namun diduga merupakan dampak dari tidak beroperasinya SPBU Perandonan. Hal itu membuat pasokan BBM ke Kota Pagaralam berkurang ribuan liter. 

Selain itu maraknya penjual BBM eceran disepanjang jalan di sekitar SPBU diduga juga menjadi penyebab sering habisnya stok BBM. Pasalnya pengecer kerap memborong BBM sehingga BBM sering kehabisan stok dan antrean semakin menjadi. Salah satu warga yang sedang antri BBM di SPBU Karang Dalo mengakui aneh dengan seringnya terjadi kelangkaan BBM diPagaralam.

Pasalnya ada tiga SPBU di Pagaralam yang mempunyai stok puluhan ribu liter perhari. Jika hanya dijual kepada pengguna kendaraan saja saya yakin BBM di Pagaralam ini tidak akan kurang. Pasalnya kota kecil seperti ini memiliki tiga SPBU besar dan memiliki pasokan BBM puluhan ribu liter. 

Warga menduga kelangkaan BBM di Pagaralam disebabkan banyaknya pedagang BBM eceran yang kerap memborong BBM untuk dijual kembali dengan harga tinggi. Kurangnya pengawasan terhadap SPBU diduga menjadi peluang untuk bermain curang. 

Padahal sudah jelas aturannya bahwa setiap kendaraan dibatasi pembelian BBM nya. Namun ada saja kendaraan yang membeli BMM hingga jutaan rupiah. Hal tersebut disebabkan tangki kendaraannya sudah dimodifikasi hingga mampu menampung BBM lebih banyak.

Humas Porli



 

back to top