Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Setahun misteri Pesawat MH 370

Setahun misteri Pesawat MH 370

Kuala Lumpur-KoPi| Setahun lalu, pesawat Malaysia Airlines 770 hilang ketika menuju Beijing. Tetapi hingga kini posisinya masih menjadi misteri.

Pencarian Boeing 777, dengan 239 penumpang dan awak, telah mencakup hampir 1,8 juta mil persegi dari Samudera Hindia selatan, dan melibatkan 82 pesawat dan 84 kapal dari 26 negara, CBS News melaporkan Sabtu.

Pencarian ini tidak menemukan apa pun dari tanda-tanda keberadaannya, baik puing-puing, jaket, pelampung, barang-barang dan manusia.

Pada bulan Januari, otoritas penerbangan sipil Malaysia melaporkan secara resmi semua awak pesawat dan penumpang dinyatakan meninggal dan menawarkan santunan 50.000 dolar AS. Pernyataan itu membuat keluarga marah.

"Meskipun belum ditemukan puing-puing pesawat atas bencana itu, pihak pemerintah Malaysia sudah secara resmi mengumumkan pesawat jatuh dan menghentikan pencarian," kata kelompok yang menyebut sebagai Voive307 atas nama keluarga korban pada CBS Jum'at lalu.

"Kami tidak terima dengan temuan ini dan kami tidak akan menyerah sampai kami memiliki bukti definitif apa yang terjadi dengan MH370."

Menurut CBS, empat kapal terus mencari di kawasan Samudera Hindia Selatan dan telah mendekati hampir 45 persen dari area target sampai saat ini.

Hari Sabtu, Menteri Transportasi Malaysia, Liow Tiong Lai, mengatakan kepada BBC bahwa tim pencarian akan terus mencari Flight 370. Liow mengatakan ia yakin pesawat akan ditemukan di Samudra Hindia selatan. Namun, menurut Liow, pencarian besar-besaran di bawah laut akan dilakukan di bulan Mei. Liow juga mengatakan optimis posisi Boeing 777 berada di Samudera Hindia selatan di mana pencarian sedang berlangsung.

Sementara itu, Menteri Transportasi Australia Warren Truss mengatakan pekan lalu bahwa jika pesawat tersebut tidak ditemukan pada bulan Mei, salah satu pilihannya adalah memperluas pencarian di luar zona pencarian saat ini ke daerah sekitarnya yang lebih luas.

Dan meskipun pencarian pesawat yang hilang sejak 8 Maret lalu belum ditemukan, Pemerintah Malaysia pada 29 Januari secara resmi menyatakan insiden kecelakaan dan mengatakan semua 239 orang di dalamnya diperkirakan tewas.

"Pada akhir Mei, jika kita masih tidak dapat menemukan pesawat, maka kita akan harus kembali ke papan gambar," kata Liow.

Kapal mencari puing-puing dari pesawat di dasar laut di lepas pantai Australia Barat sejauh ini menjelajahi 44 persen dari 60.000 kilometer persegi (23.166 mil persegi) yang difokuskan pada, kata Liow.

Dalam laporan terbaru yang ia terima hari Jumat, ia mengatakan tim pencari telah mengidentifikasi 10 objek keras yang masih perlu dianalisis.

Temuan tersebut, lebih sering mendapatkan sampah dan kargo kontainer dari kapal yang lewat, tetapi belum menemukan jejak dari puing-puing pesawat.

Liow mengatakan  Australia, Malaysia dan Cina akan bertemu bulan depan untuk membicarakan langkah-langkah selanjutnya dalam pencarian. Sebagian besar penumpang pesawat adalah orang Cina. |The Associated Press

back to top